Studi: Tak Dibutuhkan Gula pada Secangkir Teh

Kompas.com - 29/07/2019, 20:05 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Sebuah studi baru menunjukkan, orang-orang yang berhenti mengonsumsi gula merasa secangkir tehnya tetap enak dinikmati, tak berbeda dari sebelumnya.

Para peneliti dari Universitas Leeds dan Universitas College London mengamati 64 pria yang selalu menyertakan gula ke dalam cangkir tehnya, selama sebulan eksperimen.

Sebagian pria mengurangi gula pada teh secara langsung, dan sebagian mengurangi gula secara bertahap sepanjang bulan.

Ada juga kelompok kontrol yang terus menyertakan gula ke dalam teh mereka seperti biasa.

Setelah satu bulan, ditemukan 46 persen dari mereka yang ada di dalam kelompok mengurangi gula secara bertahap akhirnya sama sekali menghindarinya.

Baca juga: 6 Fakta Seputar Gula, dari Jenis hingga Batas Konsumsinya

Mereka yang ada di kelompok mengurangi gula secara langsung cenderung kurang berhasil, hanya 36 persen yang berusaha melepaskan diri dari gula secara permanen.

Yang menarik, enam persen dari kelompok kontrol juga melepaskan diri dari gula setelah eksperimen tersebut, meski kelompok mereka tak ada keharusan untuk itu.

“Kelebihan asupan gula adalah masalah kesehatan masyarakat dan gula dalam minuman berkontribusi sangat besar terhadap total asupan,” kata para peneliti.

“Mengurangi asupan gula dari minuman dapat membantu mengurangi konsumsi gula secara keseluruhan,” lanjutnya.

Mereka menyimpulkan, studi berulang dengan jumlah sampel lebih besar akan dibutuhkan.

Gula telah menjadi musuh utama dalam perang melawan obesitas dalam beberapa tahun terakhir.

Ini juga terkait dengan kerusakan gigi, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung koroner, serta penuaan dan sistem kekebalan tubuh yang melemah.

Baca juga: Efek Nyata Kebanyakan Konsumsi Gula pada Kulit



Sumber her.ie
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X