Kompas.com - 30/07/2019, 09:08 WIB
Ilustrasi duduk sakit pinggang spukkatoIlustrasi duduk sakit pinggang

KOMPAS.com - Karena tuntutan pekerjaan, banyak orang "terjebak" di meja kantor dan harus duduk hingga berjam-jam.

Tentunya, terlalu banyak duduk akan menyebabkan otot sakit dan terasa kaku. Menurut chiropractor Chad Adams, ada beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit karena terlalu banyak duduk.

"Langkah pertama yang harus dilakukan adalah bergerak sebanyak mungkin untuk mengidentifikasi area utama dari ketegangan dalam tubuh, kata Dr. Adams.

Menurutnya, penting untuk mencoba dan menghindari "posisi tetap" sepanjang hari. Oleh karena itu, kita harus beristirahat sejenak untuk bangun dan bergerak atau meregangkan tubuh setelah 30 menit duduk.

“Banyak dari kita menahan ketegangan di area-area utama tubuh, seperti leher, bahu, rahang, dan punggung atas dan bawah,” ucap Dr. Adams.

Baca juga: Duduk Kelamaan Bisa Menimbulkan Masalah pada Saluran Kemih?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika kita rentan mengalami sakit kepala atau sakit leher khususnya, salah satu triknya adalah menggambar 'O' besar dengan kepala untuk mengidentifikasi area leher dan bahu mana yang paling merasakan kekakuan.

Bagi beberapa orang, mereka dituntut harus bekerja dengan menatap layar komputer.

Untuk itu, Dr. Adams menyarankan agar kita menata dengan baik monitor komputer sehingga monitor tersebut berada tepat di depan kita dan tinggi layar sesuai dengan pandangan mata kita.

Lalu, jaga lengan kita tetap pada sudut 90 derajat di atas meja untuk mencegah overextension di bahu saat mengetik atau menggunakan mouse.

Menurut Dr Adam, orang seringkali merasa sakit di satu sisi leher, karena selalu menggerakan kepala ke satu sisi untuk membaca monitor komputer.

"Ini berkontribusi pada kasus nyeri punggung bawah juga ketika kita bersandar pada salah satu lengan bertumpu alih-alih duduk tegak," ucap dia.

Penting juga untuk memastikan ketinggian kursi benar-benar tepat, sehingga kaki menyentuh lantai dengan nyaman.

Baca juga: Terlalu Lama Duduk Bikin Bokong Kendur, Benarkah?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.