Mengatasi Kebotakan dengan Menumbuhkan Rambut, Mungkinkah?

Kompas.com - 30/07/2019, 15:53 WIB
Ilustrasi kebotakan Manuel-F-OIlustrasi kebotakan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagian orang pernah mengalami fase rambut rontok dalam perjalanan usianya. Penyebab rambut rontok bisa bermacam-macam. Mulai dari stres, masalah hormonal, penyakit, penggunaan obat tertentu, hingga faktor keturunan.

Bagi yang sedang mengalami fase rambut rontok atau ancaman kebotakan, ada beberapa pilihan sebagai cara cepat menumbuhkan rambut.

Sebelum membahas mengenai cara menumbuhkan rambut, ada baiknya kita mengenali pola kebotakan yang terjadi. Pasalnya, pola ini akan berbeda pada pria dan wanita.

Pola kebotakan pria dan wanita

Kebotakan yang sering terjadi pada pria disebut androgenetic alopecia. Sekitar 90 persen dari pria yang mengalaminya boleh menuding faktor keturunan sebagai penyebab kondisi ini.

Proses kebotakan bisa saja dimulai sejak seseorang masih remaja atau di usia awal 20an. Semakin muda usia seseorang saat proses itu dimulai, akan semakin parah tingkat kebotakannya nanti.

Baca juga: Cegah Kebotakan Khas Pria dengan 5 Tips Ini

Pola kebotakan pada laki-laki dan perempuan akan berbeda. Jika laki-laki bisa mengalami kebotakan total tanpa rambut, kondisi ini hampir tak pernah terjadi pada wanita. Kaum hawa biasanya hanya mengalami penipisan rambut serta helai rambut yang juga menjadi lebih tipis.

Penipisan rambut pada laki-laki biasa dimulai dengan makin mundurnya garis rambut di sekitar dahi. Proses ini seakan-akan membentuk huruf M atau penipisan rambut yang dimulai di puncak kepala.

Makin lama, penipisan rambut makin jelas terlihat sampai akhirnya menjadi setengah botak atau botak total.

Para ilmuwan berhasil menemukan bahwa pola kebotakan pada pria muncul akibat adanya gen pemicu folikel rambut yang menjadi sangat sensitif terhadap dihydrotestosterone (DHT). Hormon turunan testoteron ini dihasilkan dengan bantuan enzim di kelenjar minyak folikel rambut.

Halaman:


Sumber

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X