Kompas.com - 31/07/2019, 12:25 WIB

KOMPAS.com - Anggur atau wine cocok untuk dinikmati dengan berbagai jenis makanan, mulai dari daging, ikan, hingga cokelat.

Namun rupanya manfaat wine bukan hanya itu. Hasil penelitian menunjukkan, wine bisa membantu mencegah sakit tenggorokan dan penumpukan plak.

Menurut Journal of Agriculture and Food Chemistry, baik red wine ataupun white wine mengandung antibakteri yang bisa menangkal kuman penyebab plak pada gigi dan sakit tenggorokan.

Studi ini menemukan, baik red wine maupun white wine mengandung sejumlah senyawa organik yang dapat membantu menghentikan gejala flu sebelum memburuk.

Baca juga: Intip Kepribadian Peminum Red dan White Wine

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa senyawa tersebut dapat membunuh 99,9 persen bakteri.

“Beberapa penelitian telah menunjukkan, bahwa konsumsi wine secara moderat, memiliki efek menguntungkan pada kesehatan manusia,” kata penulis penelitian.

“Temuan kami tampaknya menunjukkan, bahwa wine dapat bertindak sebagai agen antimikroba yang teruji efektif melawan strepkokus oral pathogen dan mungkin aktif dalam pencegahan karies dan pencegahan patologi saluran pernapasan atas.”

“Kesimpulannya, red wine dan white wine terbukti mengandung antibakteri in vitro yang aktif melawan beberapa strepkokus oral.”

Meski demikian, perlu diketahui, walaupun wine dapat mencegah sakit tenggorokan, bukan ide yang baik untuk mulai meminumnya secara teratur.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan, minum satu botol wine per minggu memiliki efek kesehatan yang sama dengan merokok 10 batang.

Studi di Inggris memperkirakan, mengonsumsi satu botol wine 750ml per minggu meningkatkan kemungkinan risiko kanker, bahkan pada orang yang tidak merokok.

Baca juga: Cokelat dan Wine Bantu Perpanjang Usia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber her.ie
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.