Naik Taksi Listrik untuk Ikut Tanam Satu Pohon

Kompas.com - 01/08/2019, 15:56 WIB
Armada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75D Kompas.com/Setyo AdiArmada taksi Bluebird bertenaga listrik BYD e6 dan Tesla model X 75D

KOMPAS.com - Ada banyak cara yang dilakukan perusahaan untuk menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan.

Perusahaan taksi Bluebird, misalnya, baru-baru ini menghadirkan program One Ride One Seed yang berkolaborasi dengan World Wide Fund for Nature (WWF).

Program yang dimulai dari 1 Agustus-31 Oktober 2019 ini mengajak masyarakat yang akan bepergian menggunakan kendaraan listrik Bluebird--E-Bluebird dan E-Silverbird--untuk berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan.

Baca juga: Tarif Normal untuk Mobil Listrik Bluebird

Cukup dengan menambah Rp 100.000-, para pengguna dapat mengadopsi satu pohon yang akan ditanam di Hulu Daerah Aliran Sungai (DAS) Cilliwung.

Direktur Blue Bird Adrianto Djokosoetono mengatakan, langkah ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan untuk mengajak masyarakat bersama-sama dalam menjaga kelestarian alam.

"Kami percaya program ini tidak hanya akan membantu mengurangi polusi udara, juga mampu membantu menjaga kelestarian lingkungan dan kesinambungan air bersih bagi masyarakat Jakarta," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Jika ingin berpartisipasi dalam program ini, masyarakat cukup dengan mengunjungi situs www.bluebirdgroup.com/onerideoneseed dan mendaftarkan rencana perjalanan, kemudian taksi akan menjemput.

Ketika sampai ke tujuan, penumpang akan membayar tambahan argo senilai Rp 100.000, sebagai donasi melalui WWF-Indonesia untuk penanaman satu pohon di Hulu DAS Ciliwung yang akan ditanam dan dirawat selama dua tahun.

Baca juga: Sungai Ciliwung Akan Jadi Destinasi Wisata

Sementara itu, Ade Swargo Mulyo, Direktur Kemitraan WWF-Indonesia menambahkan, menyambut baik komitmen Bluebird terhadap upaya perbaikan lingkungan.

Kolaborasi bersama Bluebird melalui program One Ride One Seed tidak saja menekankan pentingnya penanaman kembali pohon di lahan kritis, namun sebagai upaya penyadartahuan untuk bertanggung jawab atas jejak karbon yang dihasilkan dari berbagai kebiasaan, seperti menggunakan kendaraan berbahan bakar fosil dan penggunaan listrik.

Baca juga: Mengapa Kualitas Udara Surabaya Lebih Baik dari Jakarta? Ini Penjelasannya

Penanaman pohon, kata Ade, adalah aksi sederhana untuk menebus dampak negatif dari kebiasaan tersebut.

"Pohon memiliki peran vital yaitu menyerap karbondioksida (CO2) dan melepaskannya kembali dalam bentuk oksigen (O2) ke udara. Jadi kami mengajak seluruh pelanggan Bluebird untuk menyukseskan program ini demi langit Jakarta kembali biru dan sehat," sambung Ade.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X