Cegah Otot Kendur di Usia Tua dengan Cara Ini

Kompas.com - 02/08/2019, 09:22 WIB
Ilustrasi olahraga shutterstockIlustrasi olahraga

KOMPAS.com - Di usia paruh baya, banyak orang merasa tak lagi memiliki kekuatan dan stamina seperti usia muda. Ini karena kepadatan tulang menurun dan massa otot berkurang.

Penurunan otot rangka, suatu kondisi yang disebut sarkopenia, adalah proses alami yang terjadi pada setiap orang dari waktu ke waktu.

Hal itu dapat menyebabkan kelemahan, meningkatnya risiko jatuh, serta hilangnya kemandirian. Pergerakan tubuh pun tak lagi segesit dulu.

Menurut terapis fisik Gary Calabrese, hilangnya massa otot terjadi karena ketidakseimbangan antara dua sinyal neurologis yang terlibat dalam pertumbuhan otot.

Respons katabolik mengirimkan sinyal untuk mengurangi ukuran otot, sedangkan respons anabolik mengirim sinyal untuk membangun otot.

Respons katabolik yang lebih kuat mengisyaratkan lebih sedikit otot yang terbentuk.

Baca juga: Waspadai, Kelainan Tulang Tengkorak karena Pemakaian Gawai

Ketidakseimbangan yang menyebabkan hilangnya otot dimulai sekitar usia 50 tahun, meski ada beberapa penelitian menunjukkan hal tersebut bisa terjadi lebih awal.

"Ini akan memengaruhi semua orang pada usia 75 tahun. Gaya hidup yang tidak aktif mempercepat prosesnya," kata Calabrese.

Oleh karena itu, penting menjaga kekuatan otot sejak usia muda. Bahkan, tidak ada kata terlambat untuk menjaga kekuatan otot ini.

"Tidak peduli berapa usia Anda, Anda dapat memerangi sarkopenia. Olahraga membangun kekuatan, tetapi nutrisi sama pentingnya," kata Calabrese.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X