Agar Cepat Langsing, Utamakan Diet atau Olahraga?

Kompas.com - 02/08/2019, 11:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Kita mungkin sudah bosan mendengar pentingnya diet dan olahraga untuk memiliki tubuh ideal. Dari kedua faktor itu ternyata ada salah satu yang harus kita prioritaskan.

Jika ingin menurunkan berat badan, sebaiknya kita berfokus pada apa yang kita makan.

Berdasarkan laporan dalam jurnal Systematic Reviews, mereka yang melakukan diet dengan tepat lebih banyak kehilangan berat badan daripada yang hanya meningkatkan aktivitas fisik.

Faktanya, temuan lain dalam jurnal PeerJ menemukan, selama tiga tahun orang yang melakukan aktivitas fisik 30 menit atau lebih dalam sehari justru mengalami kenaikan berat badan yang lebih tinggi daripada mereka yang kurang berolahraga.

Jadi, mengapa olahraga kurang efektif untuk menurunkan berat badan?

Menurut ahli gizi Marjorie Nolan Cohn, lebih mudah untuk menghindari kalori dari makanan daripada mencoba untuk membakarnya.

Baca juga: Diet Rendah Lemak, Kunci Awal Hajar Kolesterol

Dibutuhkan waktu berjam-jam di gym untuk membakar 1.200 kalori dari burger dan kentang goreng yang kita asup.

"Anda tidak bisa berolahraga sepanjang akhir pekan untuk membayar pola makan berantakan sepanjang minggu," kata Nolan Cohn.

Disiplin berolahraga 30 menit sehari relatif mudah, namun mengubah kebiasaan makan sebaliknya.

Dengan kata lain, untuk menurunkan berat badan kita perlu mengubah pola makan kita.

Porsi makan

Yang tidak kalah penting, jika kita tak memperhatikan porsi makan, biasanya kita akan makan lebih banyak setelah baru memulai rutinitas olahraga di gym.

Nafsu makan kita tidak hanya akan meningkat secara alami dari energi yang terbakar, tetapi kita mungkin juga akan lebih banyak mengonsumsi makanan tak sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X