Benarkah Diet Keto Bisa Atasi Kanker?

Kompas.com - 02/08/2019, 14:05 WIB
Ilustrasi diet ketopamela_d_mcadams Ilustrasi diet keto

KOMPAS.com - Kabar kematian aktor sekaligus penyanyi tanah air Agung Hercules sangat menghebohkan publik.

Pria yang identik dengan tubuh kekarnya itu meninggal dunia, karena kanker otak jenis glioblastoma.

Glioblastoma termasuk ke dalam tumor ganas (kanker) stadium 4, di mana sebagian besar sel tumor akan terus bereproduksi dan membelah diri pada waktu tertentu.

Lalu, apakah jenis kanker ini tidak bisa diatasi?

Baca juga: Mengenal Kanker Otak Glioblastoma Penyebab Meninggalnya Agung Hercules

Menurut laporan Medical News, periset telah berhasil menemukan cara untuk mengobati jenis kanker yang agresif dan mematikan ini pada seekor tikus. Pengobatan tersebut dilakukan lewat kombinasi terapi radiasi dan diet ketogenik.

Diet ketogenik merupakan pola makan tinggi lemak dan rendah karbohidrat serta protein agar memaksa tubuh untuk menggunakan lemak daripada gula untuk energi.

Jika pendekatan ini berhasil dalam percobaan pada manusia, peneliti mengatakan diet ini dapat dengan cepat dan mudah menjadi rezim perawatan tumor otak manusia saat ini.

Penelitian ini dipimpin oleh Adrienne C Schecj dari Barrow Neurological Institute di Rumah Sakit dan Pusat Medis St. Joseph di Phoenix, Arizona, AS dan telah diterbitkan dalam jurnal PLoS ONE.

Riset ini dianggap sebagai studi pertama dari jenisnya untuk melihat efek dari diet ketogenik dengan radiasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X