Kompas.com - 02/08/2019, 16:05 WIB
Manusia daat mengontrol kenangan dan pemikiran dalam otak. Manusia daat mengontrol kenangan dan pemikiran dalam otak.

KOMPAS.com - Menjaga fungsi otak agar tetap prima adalah hal yang penting untuk kita lakukan. Memberi otak pengalaman baru yang menggabungkan indera fisik — penglihatan, penciuman, sentuhan, rasa, dan pendengaran — dengan “indera” emosional akan merangsang lebih banyak koneksi antar area otak yang berbeda.

Hal ini menyebabkan sel-sel saraf menghasilkan nutrisi otak alami yang membantu meningkatkan daya ingat, dan membuat sel otak menjadi lebih kuat dan lebih tahan terhadap efek penuaan. Berikut cara sederhana untuk meningkatkan fungsi otak kita:

1. Sikat gigi dengan tangan yang tidak dominan

Penelitian telah menunjukkan, menggunakan sisi berlawanan dari otak dapat menghasilkan perkembangan yang cepat dan substansial pada bagian-bagian korteks yang mengontrol dan memproses informasi sentuhan dari tangan.

Nah, untuk mendapatkan manfaat tersebut, cobalah menyikat gigi dengan tangan non-dominan dan jangan lupa untuk membuka tabung dan oleskan pasta gigi dengan tangan non dominan itu juga.

Baca juga: Otak Manusia Memang Haus Informasi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Mandi dengan mata tertutup

Cara ini akan membuat tangan merasakan beragam tekstur tubuh kita sendiri yang tidak kita lihat dan akan mengirim pesan kembali ke otak.

Untuk melatih otak, coba gunakan hanya indera peraba saat sedang mandi.  Hidupkan keran dengan mata tertutup atau basuh dan bersihkan tubuh juga dengan mata terpejam.

3. Buat karya seni

Seni mengaktifkan bagian nonverbal dan emosional korteks serebral. Ketika kita membuat karya seni, kita bekerja dengan bagian otak yang tertarik pada bentuk, warna, dan tekstur, serta proses pemikiran yang sangat berbeda dari pemikiran logis dan linier yang mengisi sebagian besar hari kita.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.