Kompas.com - 03/08/2019, 11:45 WIB
Ilustrasi menggunakan tabir surya WavebreakmediaIlustrasi menggunakan tabir surya
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Cuaca yang panas dan teriknya matahari di siang hari tidak hanya dapat meningkatkan risiko dehidrasi, tetapi juga memperbesar kemungkinan terserang kanker kulit.

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengurangi risiko terkena kanker kulit adalah dengan tidak terpapar sinar matahari. Namun, kesibukan dan beragam aktivitas membuat kita mau tidak mau terekspos dengan pancaran sinar matahari.

Penggunaan tabir surya akhirnya menjadi alternatif untuk mengurangi efek dari kilauan sinar matahari. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa tabir surya tidak hanya ada sunblock tetapi juga sunscreen? Lantas apa perbedaan dari keduanya?

Apa bedanya sunblock dan sunscreen?

Tabir surya sudah beredar di pasaran dan mudah dijumpai di mal ataupun supermarket. Umumnya, orang akan langsung meraih sunblock yang dipercaya mampu menghalau dampak negatif dari cahaya matahari.

Namun tidak hanya sunblock, sunscreen adalah salah satu jenis tabir surya atau pelindung matahari yang bisa dioleskan pada kulit. Keduanya memiliki manfaat atau kegunaan yang sama hanya saja memiliki komposisi dan cara kerja yang berbeda.

Sunblock biasanya terbuat dari bahan zinc oxide atau titanium oxide yang dapat menahan sinar ultraviolet matahari dengan cara memantulkan kembali cahaya matahari. Konsistensi sunblock lebih kental, sehingga sulit untuk dioleskan secara merata di kulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari segi penampilan, sunblock tidak terlihat bagus karena memiliki warna yang buram dan tidak merata di kulit.

Baca juga: Cuaca Panas, Jangan Malas Pakai Krim Tabir Surya demi Kesehatan Kulit

Sementara itu, tabir surya jenis sunscreen terbentuk dari kandungan oxybenzone, para-aminobenzoic acid (PABA), dan avobenzone. Kandungan-kandungan tersebut melindungi kulit dari pancaran sinar matahari dengan menyerap sinar UV sebelum masuk ke kulit.

Beberapa orang mungkin memiliki alergi terhadap kandungan PABA atau oxybenzone dalam tabir surya jenis sunscreen dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan tabir surya jenis sunblock.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.