Cara Merawat Rambut agar Jauh dari Kebotakan

Kompas.com - 03/08/2019, 12:11 WIB
Ilustrasi pria dengan rambut sehat shutterstockIlustrasi pria dengan rambut sehat
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Sebagian besar kebotakan pada pria disebabkan oleh faktor keturunan. Banyak di antara mereka yang mengalami kondisi ini memilih untuk membiarkannya saja. Tetapi banyak juga yang berusaha keras untuk mencegah hingga menutupi kebotakan.

Bagi yang memiliki gen botak, ada cara-cara merawat rambut tertentu yang bisa memperlambat proses kebotakan. Namun sebelum membahas mengenai penanganannya, mari kenali dulu tanda-tanda yang mengelompokkan seseorang sebagai penderita rambut rontok.

Kapan seseorang dianggap mengalami rambut rontok?

Kebotakan biasa diawali dengan kerontokan rambut yang lebih banyak dari biasanya. Seseorang dianggap mengalami rambut rontok ketika terdapat lebih dari 100 helai rambut yang gugur dalam sehari.

Rambut rontok dapat terjadi secara perlahan-lahan maupun mendadak. Demikian pula dengan dampaknya yang bisa sementara atau permanen.

Baca juga: Penyebab Tersering Rambut Rontok pada Pria

Ilustrasi rambut rontokzneb076 Ilustrasi rambut rontok
Kondisi kerontokan rambut bisa meliputi beberapa jenis dan berlainan penyebabnya. Berikut penjelasannya:

1. Penipisan rambut di puncak kepala

Ini adalah pola kebotakan yang paling sering terjadi. Pada pria, proses kebotakan bisa dilihat dari garis rambut di dahi yang semakin mundur dan penipisan rambut di puncak kepala.

Perempuan juga bisa mengalaminya, tapi jarang sekali berakhir dengan kebotakan yang sama sekali tanpa rambut seperti pria. Pada perempuan, yang terjadi adalah rambut di kulit kepala yang semakin jarang dan helai-helainya menjadi lebih tipis.

2. Muncul area pitak

Halaman:


Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X