Manado Jadi Saksi Pemecahan 3 Rekor Dunia Selam Guinness World Records

Kompas.com - 03/08/2019, 21:20 WIB
Ketua Wanita Selam Indonesia (WASI) Tri Tito Karnavian menerima sertifikat Guinness World Records untuk rekor dunia selam, Sabtu (3/8/2019). KOMPAS.com/Nabilla TashandraKetua Wanita Selam Indonesia (WASI) Tri Tito Karnavian menerima sertifikat Guinness World Records untuk rekor dunia selam, Sabtu (3/8/2019).

MANADO, KOMPAS.com - Organisasi Wanita Selam Indonesia (WASI) memecahkan rekor dunia selam Guinness World Records Official Attempt untuk tiga kategori sekaligus.

Tiga kategori tersebut antara lain rekor Rangkaian Penyelam Terpanjang di Bawah Air, yang telah dipecahkan Kamis (1/8/2019) kemarin, serta rekor Penyelaman Massal Terbanyak dan Pembentangan Bendera Terbesar di Bawah Air yang dipecahkan hari ini, Sabtu (3/8/2019).

Rekor Penyelaman Massal Terbanyak diikuti oleh 3,131 penyelam laki-laki dan perempuan yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia serta luar Indonesia seperti Malaysia, Australia, Amerika, dan Mesir.

Rekor ini memecahkan rekor sebelumnya yang pernah dipecahkan oleh Indonesia di Pantai Malalayang, Manado tahun 2009 dengan jumlah penyelam sebanyak 2,465 penyelam.

Baca juga: Cerita Peselam Termuda Ikut Pemecahan Rekor Dunia

Sementara rekor Pembentangan Bendera Terbesar di Bawah Air yang telah dipecahkan, mampu mengalahkan rekor sebelumnya yang dilakukan Australia pada 2017 dengan ukuran bendera 166,62 m2.

"Untuk rekor Pembentangan Bendera Terbesar di Bawah Air dulunya dipegang Australia dengan 166,62 m2, bendera Indonesia mencapai 1.014 m2."

Demikian disampaikan oleh Guinness World Records Adjudicator, Solvej Malouf, di area pemecahan rekor di Pantai Manado, Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu.

Ketua WASI, Ibu Tri Tito Karnavian, mengatakan pencapaian tersebut merupakan pengalaman yang luar biasa dan menjadu puncak kerja keras panitia selama satu tahun terakhir.

Pemecahan tiga rekor selam dunia yang jatuh di Bulan Agustus ini diharapkan menjadi kado terindah untuk Ulang Tahun ke-74 Indonesia.

"Ini bulan Agustus, bulan kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga ini jadi hadiah paling indah dalam hidup kita yang kita persembahkan untuk negeri yang kita cintai," kata Tri Tito.

Baca juga: Omega Cetak Rekor Sebagai Arloji Diving dengan Penyelaman Terdalam

Suasana pemecahan rekor dunia selam Guinness World Records di Pantai Manado, Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (3/8/2019).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Suasana pemecahan rekor dunia selam Guinness World Records di Pantai Manado, Kawasan Megamas, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (3/8/2019).
Manado jadi saksi

Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian menjadi salah satu penyelam yang berpartisipasi dalam pemecahan rekor tersebut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X