Kompas.com - 04/08/2019, 10:00 WIB
Simulasi pilot dapat mengasah potensi kecerdasan anak. Dok SGM EKSPLORSimulasi pilot dapat mengasah potensi kecerdasan anak.

KOMPAS.com – Tubuh yang sehat dengan asupan dan nutrisi dan stimulasi tepat sejak dini merupakan fondasi tumbuh kembang optimal anak.

Psikolog Anak dan Keluarga Universitas Indonesia (UI), Anna Surti Ariani mengatakan, setidaknya ada lima potensi anak yang bisa diasah.

Kelima potensi itu yakni berpikir kreatif, bantu tumbuh kembang, supel, mandiri, dan percaya diri.

Pemahaman terhadap cara mengasah kelima potensi anak inilah yang kemudian diaplikasikan dalam bentuk berbagai permainan di Taman Prestasi Sahabat Generasi Maju, di Lapangan Tegallega, Bandung.

“Ada beberapa permainan seru dan edukatif, dari lomba mewarnai, permainan seru, hingga edukatif,” tutur Marketing Manager SGM Eksplor, Astrid Prasetyo.

Baca juga: Pengasuhan Lebay Abaikan Potensi Anak, Ini Ciri-Cirinya

Astrid mengatakan, ada beberapa taman yang diciptakannya. Misalnya di Taman Cerdas Berkreasi dapat mendukung potensi berpikir kreatif, mandiri, dan percaya diri.

Caranya dengan permainan simulasi pilot, di mana si kecil diajak untuk menerbangkan pesawat sambil menghindari rintangan.

Di Sekolah Generasi Maju, anak diajak belajar menulis dan bahasa inggris, mengenal warna, dan alat musik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X