Sering di Ruangan Ber-AC Bikin Gampang Sakit?

Kompas.com - 05/08/2019, 11:45 WIB
AC kerap jadi solusi menyejukkan hunian panas di perkotaan. THINKSTOCKPHOTOSAC kerap jadi solusi menyejukkan hunian panas di perkotaan.

KOMPAS.com – Tinggal di kota dengan cuaca yang selalu panas seperti wilayah Jabodetabek membuat banyak orang bergantung pada pendingin ruangan (AC) untuk memperoleh suhu yang sejuk dan nyaman.

Hampir setiap waktu kita berada di ruangan ber-AC, mulai dari di rumah, di kendaraan, di kantor, mal, hingga restoran.

Walau demikian, banyak juga orang yang khawatir ruangan ber-AC itu membuat tubuh rentan sakit. Kecemasan itu tidak sepenuhnya salah.

Menurut penelitian dalam International Journal of Epidemiology, penghuni di gedung yang selalu ber-AC ternyata lebih sering mengalami gejala sakit dibandingkan dengan mereka yang beraktivitas di gedung dengan ventilasi natural.

“Ada banyak penelitian yang menemukan bahwa penghuni kantor yang ber-AC lebih sering mengalami gejala sick building syndrome (SBS),” kata ketua kelompok studi lingkungan dalam ruang, William Fisk.

SBS merupakan istilah untuk kondisi yang disebabkan karena berada dalam gedung atau ruangan tertutup dengan kualitas udara buruk.

“Gejala SBS yang dilaporkan antara lain iritasi mata, hidung, dan tenggorokan, serta gejala pada pernapasan seperti batuk,” kata Fisk.

Baca juga: Penyebab Kita Gampang Tertular Flu

Ia mengatakan, gejala itu biasanya disebabkan karena kelembaban di AC unit, yang membuat orang terpapar toksin, alergen, atau iritan. Kelembaban tersebut membuat sistemnya rentan oleh polutan yang sangat kecil.

“Sistem AC memang rawan mengumpulkan mikroorganisme penyebab infeksi dan alergen, seperti tungau debu,” kata dokter paru Wassim Labaki.

Walau begitu, dengan pemeliharaan yang baik, termasuk mengganti saringan secara berkala bisa mencegah sirkulasi udara yang tidak sehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X