Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2019, 16:04 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mencukur rambut-rambut tubuh memang perlu kesabaran, termasuk mencukur rambut atau bulu ketiak.

Waxing atau mencukur bulu dengan terburu-buru bisa menimbulkan rasa sakit. Tak hanya itu, pencukur bulu ketiak tanpa air ternyata harus dihindari karena akan membuat kulit ketiak menghitam.

Hal itu disebut hiperpigmentasi atau perubahan warna pada area kulit ketiak.

Kepada Refinery29, Dermatolog Dr. Sheel Desai Solomon menjelaskan, kulit ketiak yang gelap sangatlah umum terjadi dan bisa disebabkan faktor genetik atau kondisi lainnya seperti diabetes.

Namun, kulit ketiak gelap juga bisa disebabkan kebiasaan sehari-hari. Salah satunya mencukur kulit yang kering dengan pisau cukur yang tumpul bisa membuat warna kulit menjadi gelap.

Solomon mengatakan, kebiasaan bercukur tanpa air membuat kulit menggelap dan menebal dari waktu ke waktu, sama seperti mencukur dengan pisau cukur tumpul yang sudah lama.

Beberapa deodoran juga menyebabkan iritasi pada kulit dan membuat kulit menghitam, terutama jika deodoran tersebut mengandung alumunium. Alumunium berisiko menyebabkan pori-pori kulit ketiak tersumbat.

Baca juga: Rambut Ketiak Pria, Cukup Dirapikan atau Dicukur?

Mengatasi kulit ketiak menghitam

Ilustrasi mencukur bulu ketiakshutterstock Ilustrasi mencukur bulu ketiak
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit ketiak yang menghitam. Pertama, hindari scrub dan eksfoliator karena akan membuat area yang iritasi semakin parah.

Untuk menggantinya, buatlah masker ketiak sendiri di rumah menggunakan satu sendok makan jus lemon atau mentimun yang diblender dan lidah buaya.

Solomon menyarankan untuk mencampurkan lemon atau mentimun dengan lidah buaya sebelum mengaplikasikannya pada ketiak. Kemudian, diamkan selama 10 menit sebelum dibilas.

Baca juga: Benarkah Deodoran dapat Membuat Ketiak Hitam?

Mentimun mengandung silika yang merupakan komponen penting untuk menstimulasi pertumbuhan jaringan, membantu menyegarkan area yang kelelahan dan mengatasi inflamasi.

Sementara lemon memiliki efek mencerahkan dan lidah buaya bisa merawat kulit yang stres serta meredakan inflamasi.

Hati-hati saat menggunakan bahan bersubstansi asam seperti lemon jika kamu memiliki kulit sensitif atau luka pada kulit.

Dalam kondisi tersebut, jus lemon juga bisa membuat kulit semakin sensitif terhadap matahari. Pastikan kulit terlindungi dari matahari atau gunakan tabir surya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com