Sulit Tidur? Coba Kenakan Piyama Berbahan Wol

Kompas.com - 05/08/2019, 18:31 WIB
Ilustrasi tidur Chad Baker/Jason Reed/Ryan McVayIlustrasi tidur

KOMPAS.com - Setelah seharian lelah beraktivitas, Anda tentu berharap dapat tidur dengan mudah dan lelap. Sayangnya, keinginan itu tak selalu terwujud.

Ketika Anda merebahkan diri di tempat tidur, rasa kantuk seketika hilang, meski tubuh terasa sangat lelah.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa memakai piyama berbahan wol merino - bahan sangat lembut dengan antimikroba dan mampu menjaga tubuh tetap hangat di suhu dingi, serta tetap dingin di suhu hangat - bisa menjadi metode efektif untuk mengantarkan Anda tidur lelap.

Para ilmuwan Australia, telah menemukan bahwa tubuh dapat tetap berada di termal zona nyaman - yang paling membantu tidur nyenyak, dengan mengenakkan pakaian berbahan wol merino.

Baca juga: Perempuan Butuh Tidur Lebih Lama Ketimbang Pria

Studi ini menemukan, bahwa siswa berusia 20-an tidur empat menit lebih cepat ketika mereka mengenakan piyama yang terbuat dari bahan wol merino ketimbang bahan katun.

Mereka juga mendapatkan waktu tidur tujuh menit lebih lama.

Sementara itu, orang dewasa berusia 65 dan 70 tahun jatuh tertidur setelah 12 menit mereka mengenakan piyama wool merino, berbeda saat mereka mengenakan piyama berbahan katun yang membutuhkan waktu untuk tertidur setelah 22 hingga 27 menit.

"Belum lama ini tidur di bawah selimut wol hanyalah sebuah norma, tapi kini ilmu pengetahuan telah menemukan manfaat wol bagi kualitas tidur," jelas peneliti Dr Paul Swan, dari Universitas Sidney.

Baca juga: Posisi Tidur Miring ke Samping Terbukti Baik untuk Kesehatan Otak

"Mungkin itu bukan kebetulan, karena wol mampu mengatur suhu tubuh Anda jauh lebih baik, menjaga Anda dalam sesuatu yang disebut 'termal zona nyaman'," lanjutnya.

Ia juga mengatakan, dengan pakaian berbahan wol, Anda tidak hanya bisa tertidur lebih cepat dan lama, tapi juga memiliki kualitas tidur yang lebih dalam dan lebih baik.

"Memiliki kualitas tidur yang baik menjadi semakin sulit di zaman modern ini dan segala sesuatu yang bisa membantu, tentu sangat baik untuk kesehatan mental dan fisik Anda," pungkasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X