Kompas.com - 05/08/2019, 20:20 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Hormon utama pria – testosteron – diproduksi di testis. Umumnya, ukuran testis pria adalah sekitar 4x3x2 cm dengan bentuk oval. Tentu saja ukurannya tidak simetris. Dari sini muncul pertanyaan, apakah testis besar sebelah adalah hal yang norma?

Sangatlah wajar jika seorang pria memiliki testis besar sebelah. Hal ini pun tidak akan berpengaruh terhadap produksi hormon testosteron dan sperma.

Menariknya, pada tahun 2013 lalu tim peneliti dari National Academy of Sciences Amerika Serikat menyebut bahwa pria dengan ukuran testis lebih kecil akan menjadi sosok ayah yang lihai merawat anaknya.

Baca juga: Mengapa Tendangan ke Testis Terasa Sangat Sakit?

Normalkah testis besar sebelah?

Seperti yang telah dielaborasi di atas, sangatlah normal jika testis besar sebelah. Meski demikian, bukan berarti kamu tak perlu memantau perkembangan ukuran testis.

Kmau perlu berkonsultasi pada dokter ketika testis terasa berat sebelah. Selain itu, perlu juga diperhatikan apabila terasa ada gumpalan di dalam testis. Ini bisa menjadi indikasi adanya tumor atau gejala awal kanker testikular.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mengetahui adanya kemungkinan kanker testikular sejak dini adalah hal yang sangat krusial. Pengobatannya akan jauh lebih mudah apabila gejalanya dideteksi sejak awal.

Baca juga: Apa yang Membuat Pria Punya Penis Kecil?

Bagaimana testis tumbuh?

Testis seorang pria mulai bertumbuh sejak usianya menginjak 8 tahun. Dari situ, testis akan terus berkembang hingga mencapai ukuran testis pria dewasa ketika mereka mengalami masa pubertas.

Kedua testis akan tumbuh dengan ukuran yang serupa, meski salah satu bisa tampak lebih besar atau lebih panjang ketimbang yang lain. Selain itu, wajar juga ketika salah satu testis menggantung lebih rendah dibandingkan dengan yang lain.

Baca juga: Kapan Penis Mulai Tumbuh, dan Kapan Berhenti?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.