Berapa Lama Waktu Diperlukan untuk Bentuk Otot Perut?

Kompas.com - 06/08/2019, 07:36 WIB
Posisi side plank untuk menguatkan otot perut g-stockstudioPosisi side plank untuk menguatkan otot perut

KOMPAS.com - Semakin lama kita rutin berolahraga untuk tujuan membentuk otot, mungkin juga kita bertanya-tanya berapa lama yang dibutuhkan hingga otot perut terbentuk?

Tidak ada jawaban yang pasti, meskipun ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat prosesnya.

Personal trainer untuk aplikasi Gold's Amp, Jackie Vick, NSCF mengatakan, setiap orang memiliki otot perut. Namun, berapa lama otot perut akan terbentuk bergantung pada seberapa kuat otot perut kita dan jumlah lemak yang dihilangkan.

Ketika kita bicara secara spesifik tentang menguatkan dan membentuk otot perut, pelatih kebugaran Nick Leyden. MS, CSCS mengatakan, waktunya bisa berkisar empat hingga delapan minggu.

"Tergantung dari olahraga yang dilakukan dan pola makan kita," kata Nick.

Jika kamu ingin garis-garis otot perutmu terlihat, ini bergantung pada jenis tubuhmu.

Baca juga: Perhatikan, Jenis Kardio untuk Memunculkan Otot Perut

Faktor penentu spesifiknya adalah persentase lemak tubuh dan pada bagian tubuh mana lemak tersebut tersimpan.

"Beberapa orang cenderung menyimpan lemak pada area paha, bokong dan panggul, sementara orang-orang lainnya menyimpannya di area tengah tubuh," kata Nick.

Artinya, kebugaran kita juga tergantung dengan faktor genetik dan hormon, atau hal-hal yang tidak selalu bisa diatasi lewat perubahan pola makan dan olahraga.

Jika kamu memiliki persentase lemak tubuh 30 persen atau lebih, kamu mungkin butuh enam bulan atau lebih untuk melihat otot perut muncul, bergantung pada pola makan dan olahraga.

Sementara jika persentase lemak tubuh dekat ke 20 persen, prosesnya mungkin membutuhkan 10 hingga 14 minggu, dan jika persentase lemak tubuh berkisar 10 persen, prosesnya mungkin hanya membutuhkan sekitar enam hingga 10 minggu.

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber POP SUGAR
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X