Tips Menurunkan Berat Badan dengan Yoga

Kompas.com - 07/08/2019, 07:32 WIB
Ilustrasi yoga shutterstockIlustrasi yoga

KOMPAS.com - Sama seperti olahraga lainnya, yoga juga bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, jenis yoga yang kamu pilih juga akan menentukan hasilnya.

Holly Perkins, BS, CSCS mengatakan dirinya memilih Vinyasa yoga untuk membantu mencapai target berat badannya. Beberapa pakar lainnya juga menyarankan jenis yoga yang sama.

Alasannya, untuk menurunkan berat badan kita harus mencapai defisit kalori. Vinyasa sendiri mencakup seri-seri gerakan dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada yoga lainnya, sehingga bisa membantu membakar lebih banyak kalori.

Ketika melakukannya, kita juga akan fokus menahan pose sambil mengikuti pola latihannya. Ini bisa meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Sebab semakin banyak otot dibentuk, semakin banyak kalori yang terbakar.

Baca juga: Riset Klaim Yoga Wajah Buat Wanita Terlihat Awet Muda

Berapa lama kita harus mempraktikkan Vinyasa untuk menurunkan berat badan?

"Mulailah dengan dua hingga tiga sesi per minggu," kata Holly.

Jika kamu baru mencoba yoga, berlatihlah selama beberapa minggu terlebih dahulu untuk mengumpulkan pengalaman dan memberi waktu tubuh beradaptasi.

Seiring meningkatkanya skill dan kebugaran tubuh, kita bisa meningkatkan intensitasnya secara perlahan.

Jika sudah merasa nyaman berlatih di atas matras, Holly merekomendasikan kelas Vinyasa tiga hingga empat kali seminggu dengan durasi 60 menit setiap kelasnya. Kamu bisa meningkatkan durasinya hingga 90 menit dengan frekuensi yang sama.

"Jika kamu hanya melakukan yoga untuk menurunkan berat badan, lakukan minimal tiga hingga empat kelas per minggunya, sedikitnya 1 jam sehari, itu penting," katanya.

Baca juga: Menjadikan Yoga Sebagai Bagian dari Kehidupan

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Popsugar
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X