Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/08/2019, 07:32 WIB
Nabilla Tashandra,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber Popsugar

KOMPAS.com - Sama seperti olahraga lainnya, yoga juga bisa membantu menurunkan berat badan. Namun, jenis yoga yang kamu pilih juga akan menentukan hasilnya.

Holly Perkins, BS, CSCS mengatakan dirinya memilih Vinyasa yoga untuk membantu mencapai target berat badannya. Beberapa pakar lainnya juga menyarankan jenis yoga yang sama.

Alasannya, untuk menurunkan berat badan kita harus mencapai defisit kalori. Vinyasa sendiri mencakup seri-seri gerakan dengan kecepatan yang lebih tinggi daripada yoga lainnya, sehingga bisa membantu membakar lebih banyak kalori.

Ketika melakukannya, kita juga akan fokus menahan pose sambil mengikuti pola latihannya. Ini bisa meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan tubuh. Sebab semakin banyak otot dibentuk, semakin banyak kalori yang terbakar.

Baca juga: Riset Klaim Yoga Wajah Buat Wanita Terlihat Awet Muda

Berapa lama kita harus mempraktikkan Vinyasa untuk menurunkan berat badan?

"Mulailah dengan dua hingga tiga sesi per minggu," kata Holly.

Jika kamu baru mencoba yoga, berlatihlah selama beberapa minggu terlebih dahulu untuk mengumpulkan pengalaman dan memberi waktu tubuh beradaptasi.

Seiring meningkatkanya skill dan kebugaran tubuh, kita bisa meningkatkan intensitasnya secara perlahan.

Jika sudah merasa nyaman berlatih di atas matras, Holly merekomendasikan kelas Vinyasa tiga hingga empat kali seminggu dengan durasi 60 menit setiap kelasnya. Kamu bisa meningkatkan durasinya hingga 90 menit dengan frekuensi yang sama.

"Jika kamu hanya melakukan yoga untuk menurunkan berat badan, lakukan minimal tiga hingga empat kelas per minggunya, sedikitnya 1 jam sehari, itu penting," katanya.

Baca juga: Menjadikan Yoga Sebagai Bagian dari Kehidupan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Popsugar
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com