Belanja Lipstik Secara Online Antisalah Warna dengan Beauty Cam

Kompas.com - 07/08/2019, 08:33 WIB
Ilustrasi belanja kosmetik online. ShutterstockIlustrasi belanja kosmetik online.

KOMPAS.com – Penggemar kecantikan menggunakan ponsel untuk mengikuti tren yang terus berubah, termasuk berbelanja produk kosmetik.

Meski belanja online sangat praktis, tetapi kekurangannya adalah kita tidak bisa mencoba produk terlebih dahulu. Hal ini bisa menjadi masalah jika kita ingin membeli kosmetik yang warnanya perlu disesuaikan dengan warna kulit, seperti lipstik.

Kekurangan tersebut kini bisa diatasi dengan menggunakan aplikasi ModiFace Virtual Try-On yang berbasis Augmented Reality (AR) dan Artificial Intelligence (IR). Aplikasi tersebut telah diluncurkan di 20 negara.

Di Indonesia, L’oreal bekerja sama dengan Shopee sebagai partner ritel pertama yang menerapkan aplikasi yang diberi nama Beauty Cam.

Konsumen mencoba lipstik secara virtual di aplikasi Beauty Cam Shopee.Shopee Konsumen mencoba lipstik secara virtual di aplikasi Beauty Cam Shopee.
Aplikasi itu bisa diakses saat membuka aplikasi Shopee dan konsumen bisa mencoba produk lipstik secara virtual sebelum membelinya.

Dijelaskan oleh General Manager Consumer Product Division L’Oreal Indonesia, Manashi Guha, peluncuran Beauty Cam dilakukan serentak di Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Taiwan, pada International Lipstic Day beberapa waktu lalu.

“L’Oreal menjadi perusahaan kecantikan pertama yang menyediakan layanan AR dan IR pada e-commerce Indonesia,” kata Manashi menjawab pertanyaan Kompas.com melalui surat elektronik.

Perkembangan teknologi telah membentuk perilaku dan kebiasaan berbelanja yang baru pada konsumen. Kini tuntutan konsumen pun semakin tinggi.

Melalui aplikasi ini, konsumen L’Oreal di Indonesia bisa bereksperimen dan mencoba shade lipstik yang berbeda dari Maybelline, L’Oreal Paris, dan NYX professional, sebelum membeli produk tersebut.

“Kami ingin membuat pengalaman belanja online lebih mudah. Ke depan kami juga akan mengimplementasikan ModiFace di platform belanja online lainnya dan juga kategori makeup lainnya,” katanya.

Sebelumnya penerapan AR sudah ditemukan secara luas dalam beberapa bidang, seperti bisnis, pendidikan, hingga olahraga.

Dengan penerapan AR, konsumen dapat mensimulasikan sebuah produk secara virtual dengan tingkat akurasi cukup tinggi dengan benda nyata.

Di Indonesia, L’Oreal merupakan perusahaan kecantikan pertama yang menerapkannya di situs e-commerce.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X