Waspadai, Kerusakan Penglihatan Penanda "Serangan" Diabetes

Kompas.com - 07/08/2019, 09:38 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Diabetes tipe 2 –yang dahulu dikenal dengan nama diabetes melitus, tidak tergantung insulin (non-insulin-dependent diabetes melitus/NIDDM) atau diabetes onset dewasa – merupakan kelainan metabolik.

Kondisi itu ditandai dengan kadar glukosa darah yang tinggi dalam konteks resistensi insulin dan defisiensi insulin relatif. 

Nah, kondisi penglihatan seseorang ternyata bisa menjadi penanda adanya risiko serangan diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 adalah kondisi seumur hidup yang serius yang dapat sangat mempengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang.

Baca juga: Gejala Kadar Gula Darah Tinggi walau Tak Punya Diabetes

Kondisi ini biasanya sering dikaitkan dengan kondisi kelebihan berat badan, gaya hidup yang tidak aktif, atau pun faktor keturunan.

Diabetes mempengaruhi pembuluh darah di jaringan peka cahaya yang disebut retina yang melapisi bagian belakang mata.

Sehingga, kondisi gula darah tinggi dari diabetes tipe 2 terkait dengan kerusakan pada pembuluh darah di mata, yang sangat mempengaruhi penglihatan seseorang.

National Eye Institute menguraikan, penyakit mata dalam diabetes terdiri dari sekelompok kondisi mata yang memengaruhi penderita diabetes.

Kondisi ini termasuk retinopati diabetik, edema makula diabetik, katarak, dan glaukoma.

Disebutkan, semua bentuk penyakit mata akibat diabetes memiliki potensi untuk menyebabkan kehilangan penglihatan yang parah, hingga kebutaan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X