Kompas.com - 07/08/2019, 16:33 WIB
Ilustrasi orang tua olahraga RidofranzIlustrasi orang tua olahraga

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi seiring bertambahnya usia, tubuh kita juga mulai mengalami penurunan fungsi.

Terutama saat usia sudah mencapai angka 40 tahun, perubahan-perubahan tersebut sudah bisa kita rasakan. Nah,agar kita tetap bugar dan prima di usia 40 tahun, berikut tips dari para ahli:

1. Jangan mempersulit diri sendiri

Setelah mencapai usia 40 tahunan, kita mungkin mulai merasakan beberapa perubahan dalam tubuh kita. Mungkin kita mengalami masalah tidur atau kemampuan visual  yang sudah berkurang.

Jika ini terjadi, jangan terlalu frustasi. Sebaliknya, terima semua yang sudah terjadi dan lakukan perubahan pada gaya hidup untuk menunjang kesehatan kita.

2. Tidur yang cukup

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidur tujuh hingga sembilan jam per malam adalah hal yang penting. Tidur yang cukup tidak hanya terkait dengan produktivitas, tetapi juga membantu mengontrol kebiasaan makan yang buruk.

"Kurang tidur mengganggu hormon yang menciptakan rasa lapar yang membuat nafsu makan meningkat ketika kita belum cukup istirahat," kata Rachel Begun, seorang ahli diet.

Untuk mendapatkan tidur yang cukup, sebaiknya kita melakukan persiapan matang sebelum tidur.

Hentikan aktivitas olahraga beberapa jam sebelum tidur, matikan gadget setidaknya satu jam sebelum tidur, dan hindari apapun yang membuat kita stres.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.