Minum Kopi di Malam Hari Tak Pengaruhi Kualitas Tidur, Benarkah?

Kompas.com - 07/08/2019, 18:21 WIB
Ilustrasi Eldoradosupervector/ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Banyak orang yang menghindari konsumsi kopi di malam hari, karena khawatir dapat memengaruhi kualitas tidur mereka.

Nyatanya, riset membuktikan minuman berkafein ini sama sekali tak memengaruhi kualitas tidur kita.

Riset dilakukan oleh peneliti dari Florida Atlantic University dan Harvard Medical School.

Dalam riset ini, peneliti menganalisis 785 peserta selama 5.164 hari untuk mengetahui berapa banyak kafein, alkohol, dan nikotin yang mereka konsumsi.

Peneliti juga membandingkan hasilnya dengan kualitas tidur harian peserta yang dideteksi dengan sensor pergelangan tangan untuk mencatat durasi tidur peserta, efisiensi tidur, dan seberapa cepat mereka terbangun setelah tertidur.

Baca juga: Bolehkah Anak-anak Minum Kopi?

Hasilnya, konsumsi nikotin dan alkohol mengganggu kualitas tidur peserta, di mana peserta yang merokok sebelum tidur memiliki durasi tidur 42 menit lebih cepat. Namun, konsumsi kafein sama sekali tak berefek pada kualitas tidur peserta.

Dr Christine Spadola, dari Florida Atlantic University, mengatakan hingga saat ini relatif sedikit penelitian yang menyelidiki secara menyeluruh hubungan antara konsumsi kafein, nikotin dan alkohol di malam hari dan efeknya pada kualitas tidur.

"Studi ini merupakan salah satu pemeriksaan longitudinal terbesar dari asosiasi penggunaan alkohol, kafein, dan nikotin malam hari dengan hasil tidur yang diukur secara objektif,” kata Spadola.

Konsumsi nikotin dan alkohol empat jam sebelum tidur dapat berefek buruk pada kualitas tidur.

"Kami tidak menemukan adanya hubungan antara konsumsi kafein dalam waktu empat jam sebelum tidur dengan parameter tidur apa pun," ungkapnya.

Baca juga: Waspadai Kandungan Kalori dalam Minuman Kopi Kekinian

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X