Mengukur Tekanan Darah Semudah Selfie

Kompas.com - 07/08/2019, 21:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Mengukur tekanan darah di masa depan akan semudah melakukan selfie video dengan gadget. Para ahli sedang menyempurnakan teknologi tersebut.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang tidak terkontrol bisa menjadi peringatan serangan jantung atau stroke. Namun, separuh dari orang yang hipertensi tidak menyadari gejalanya karena kondisi ini seringkali tidak menimbulkan keluhan.

Untuk mengetahui nilai tekanan darah, kita perlu melakukan pengukuran di klinik dokter atau pengukur tensi digital di rumah. Sayangnya, tidak semua orang rutin melakukannya.

Mengembangkan alat pengukur tekanan darah melalui layar gadget kemungkinan akan menyelamatkan banyak nyawa, mengingat mayoritas orang kini memiliki gadget.

Teknologi terbaru yang disebut transdermal optimal imaging, akan memberikan foto dari aliran darah di wajah, yang kemudian akan mengungkap tekanan darah.

“Kami menemukan, menggunakan ponsel pintar, kita bisa secara akurat mengukur tekanan darah dalam 30 detik,” kata peneliti dari Kanada, Kang Lee.

Baca juga: Punya Hipertensi, Hindari Begadang dan Stres

Ia mengatakan, teknologi yang sedang dikembangkannya itu bukan untuk menggantikan alat pengukur tekanan darah, tetapi membuat pengukuran bisa dilakukan secara sederhana di rumah.

Teknologi itu menggunakan cahaya untuk menembus kulit dan sensor optikal di ponsel menciptakan citra dan pola aliran darah. Pola itu kemudian dipakai untuk memperkirakan tekanan darah.

“Ketika kita mengetahui konsentrasi darah berubah di bagian berbeda wajah, kita akan bisa mengetahui beberapa gambaran fisiologi, seperti denyut jantung, level stress, dan tekanan darah,” kata Lee.

Tanpa sengaja

Lee menemukan kaitan antara aliran darah di wajah dengan tekanan darah secara tidak sengaja. Sebelumnya ia menggunakan transdermal optimal imaging untuk mencoba-coba cara mengetahui apakah anaknya berbohong dengan mengaitkan aliran darah dengan area wajah ketika berdusta.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X