Cara Cepat Membersihkan dan Merapikan Dapur

Kompas.com - 08/08/2019, 11:21 WIB
IlustrasiShutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com – Area dapur merupakan bagian rumah yang paling sering berantakan dan kotor. Kita juga sering malas membersihkannya karena butuh waktu lama sampai dapur benar-benar kinclong.

Ada tips yang bisa kita lakukan untuk membuat dapur selalu bersih walau kita tak punya waktu untuk membersihkannya.

- Rendam piranti makan yang kotor
Bagian paling menyebalkan dari kegiatan memasak adalah mencuci panci dan semua peralatan masak. Apalagi kalau sebagian besar lengket dan berminyak. Siasati dengan merendamnya.

Untuk menghemat waktu, isi sink (bak cuci piring) dengan air hangat lalu teteskan sabun secukupnya. Rendam peralatan masak dan biarkan beberapa saat selama kita membersihkan bagian dapur lainnya. Dengan cara ini, sisa makanan yang menempel lebih mudah dibersihkan dan dapur bersih dengan cepat.

- Bersihkan dari atas ke bawah
Ikuti aturan lama tentang membersihkan dari atas ke bawah, dari depan ke belakang. Ini akan menghemat waktu karena kita tidak mengerjakannya berulang.

Jika kita membersihkan permukaan dapur sebelum mengelap bagian rak di atas, maka kita akan mengulang membersihkan meja karena ada debu yang turun.

Baca juga: Kuman di Alat Dapur Ini 200 Kali Lebih Banyak dari Dudukan Toilet

IlustrasiShutterstock Ilustrasi

- Selalu bersihkan rak berwarna terang
Jika rak dapur kita berwarna terang, maka sedikit saja kotoran akan membuat seluruh dapur terasa kotor. Karena itu, pastikan agar rak selalu dalam kondisi bersih.

Tips untuk melakukannya dengan cepat adalah menyemprotkan sabun pembersih berbahan sitrus dan lap menggunakan spons lembab yang sudah dihangatkan. Panas dari spons akan membersihkan residu di rak sehingga waktu pembersihan lebih cepat.

- Bersihkan bak cuci piring stainless steel
Bak cuci piring (sink) stainless steel yang kinclong akan membuat keseluruhan area dapur terlihat bersih.

Cara cepat membersihkan sink tanpa menggoresnya adlaah dengan menggunakan spons lembab dan baking soda. Setelah bersih, semprot dengan vinegar yang berfungsi sebagai disinfektan. Terakhir, bilas dengan air.

- Atur sirkulasi udara
Sisa makanan di tempat sampah bisa membuat area dapur berbau tidak enak. Untuk menghilangkan baunya, jangan gunakan semprotan pengharum ruangan karena membuat baunya makin tidak karuan. Lebih baik buka pintu dan jendela dapur minimal 15 menit sehingga terjadi perturakan udara.

Baca juga: Membersihkan Kaca dengan Koran Lebih Efektif Ketimbang Kain

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X