Danone-Aqua Luncurkan Botol dari 100 Persen Daur Ulang di Jakarta

Kompas.com - 08/08/2019, 13:00 WIB
Botol-botol plastik yang dibangun menjadi instalasi botol plastik dalam rangka menyuarakan kampanye #BijakBerplastik oleh Aqua Danone yang dipasang di lantai Ground Floor Lotte Shopping Avenue. KOMPAS.com/Nabilla TashandraBotol-botol plastik yang dibangun menjadi instalasi botol plastik dalam rangka menyuarakan kampanye #BijakBerplastik oleh Aqua Danone yang dipasang di lantai Ground Floor Lotte Shopping Avenue.

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan botol minum sekali pakai saat ini dikampanyekan untuk dikurangi. Selain memakai botol yang bisa dipakai berulang, kita juga bisa mengurangi sampah plastik dengan memakai botol minum dari bahan daur ulang.

Danone-Aqua meluncurkan Aqua Life, air minum dengan kemasan inovatif yang terbuat dari 100 persen bahan daur ulang dan dapat didaur ulang.

Kemasan ini diluncurkan sebagai upaya Danone-Aqua menyediakan pilihan hidrasi sehat untuk para konsumen sekaligus berkontribusi lebih terhadap lingkungan yang bersih.

Aqua Life sebelumnya telah diluncurkan di Bali pada Oktober 2018 lalu dan mendapatkan respons positif dari masyarakat.

Sustainable Development Director Danone-AQUA Karyanto Wibowo menjelaskan, bahan baku daur ulang adalah plastik yang terkumpul dari sejumlah jaringan Danone-Aqua, seperti pemulung sampah, bank sampah, hotel, restoran, kafe, dan lainnya yang kemudian diolah kembali.

"Kami olah kembali di business unit, diolah dengan teknologi tinggi yang memenuhi standar keamanan pangan. Lalu menjadi bahan baku Aqua Life kami," kata Karyanto di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2019).

Baca juga: Saatnya Indonesia Mengurangi Sampah Plastik

Inovasi ini menjadi bagian dari gerakan #BijakBerplastik dari Danone-Aqua yang menggarisbawahi tiga komitmen untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia.

Tiga komitmen tersebut di antaranya pengembangan infrastruktur pengumpulan Sampah, edukasi konsumen, dan inovasi kemasan.

Targetnya, pada 2025 mendatang mereka bisa mengumpulkan lebih banyak plastik daripada plastik yang digunakan untuk kemasan produk. Caranya, dengan memastikan seluruh kemasan produk Danone-Aqua bisa didaur ulang dan meningkatkan porsi konten daur ulang dalam botol menjadi 50 persen.

Namun, sayangnya botol kemasan 100 persen daur ulang itu belum bisa didapatkan di luar Jakarta dan Bali.

Marketing Manager Danone-AQUA Jeffri Ricardo mengatakan, botol tersebut baru saja diluncurkan di Jakarta pertengahan Juli lalu. Jika kemasan tersebut kembali mendapatkan sambutan positif, tak menutup kemungkinan kamu yang tinggal di luar Jakarta dan Bali juga bisa mendapatkannya di toko terdekat.

"Targetnya kemasan ini bisa diproduksi lebih luas, orang bisa menerima lebih luas sehingga produk ini bisa didistribusikan lebih luas lagi," kata Jeffri.

Bersamaan dengan peluncuran Aqua Life di Jakarta, Danone-Aqua mengadakan Pameran #BijakBerplastik di Atrium Gandaria City selama lima hari, mulai 7 Agustus 2019.

Pameran tersebut menggambarkan kisah perjalanan berkelanjutan Danone-Aqua, menampilkan instalasi berbahan dasar wadah plastik bekas, serta hasil karya sejumlah seniman dengan menggunakan bahan baku plastik bekas.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X