Mengenal Fungsi Puting pada Tubuh Pria

Kompas.com - 08/08/2019, 19:05 WIB
Ilustrasi pria bersantai puhhhaIlustrasi pria bersantai

Ilustrasi pria dan wanitacriene Ilustrasi pria dan wanita
KOMPAS.com - Pada wanita, puting menjadi media untuk memberi makan bayi secara alami demi tumbuh kembang yang sehat. Namun, tak hanya wanita, pria juga memiliki puting. Lalu pada tubuh pria, apa fungsi puting sebenarnya?

Penjelasan paling umum tentang adanya puting pada pria dan wanita dapat ditemukan selama perkembangan janin. Ketika di dalam rahim ibu, pria dan wanita mulai berkembang dari basis genetik yang sama.

Pada tahap tersebut, puting sudah terbentuk. Meski demikian, dibutuhkan delapan minggu hingga gen jenis kelamin muncul dan berubah menjadi bayi laki-laki atau perempuan.

Karena puting terbentuk lebih awal dari organ seks, sehingga ketika jenis kelamin muncul, puting tetap ada dan tak menghilang.

Baca juga: Menggunakan Tekstur Puting untuk Menenangkan Bayi

Bedanya, pada wanita puting jelas berguna saat mereka dewasa dan memiliki anak, tapi pada pria, puting biasanya tampak tak berfungsi dalam tahap kehidupan mereka.

"Pada dasarnya, pria dan wanita dibangun dari cetak biru genetik yang sama," kata ahli paleoanthropologi, Ian Tattersall pada Live Science.

"Kemudian, (mereka) berkembang ke arah yang sedikit berbeda (dalam rahim) khususnya setelah mencapai tahap pubertas," lanjutnya.

Baca juga: Hindari Risiko Kanker Payudara dengan Mengurangi Konsumsi Daging Merah

Fungsi puting pada pria

Wanita dan pria sebenarnya memiliki banyak saraf di bagian puting. Sehingga sebenarnya, sangat mudah merangsang organ ini.

Itu juga berarti, puting bisa memberi lebih banyak sensasi saat berhubungan seks.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X