Kompas.com - 08/08/2019, 19:52 WIB
teh di Chaiholics JW Marriottteh di Chaiholics
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Biasanya jika mendengar kata “Espresso” yang muncul di benak kita adalah kopi yang diproses melalui mesin. Namun tahukah kamu ternyata ada mesin yang persis dengan mesin Espresso tetapi khusus untuk membuat teh?

Nah, mesin bernama Chaipresso itu bisa ditemukan di gerai Chaiholics yang baru saja dibuka di area teras lobi JW Marriot Hotel Jakarta.

“Chaipresso merupakan mesin pembuat teh pertama di dunia yang dibuat di Italia, terlihat seperti mesin untuk membuat kopi, tetapi ini khusus untuk membuat teh, dan digunakan secara manual oleh para barista, ” ujar Jerry Singh, CEO Chaiholics, Rabu (7/8/2019).

Cara barista menggunakan mesin Chaipresso cukup sederhana, hanya dengan menuangkan pada salah satu alat yang menempel pada mesin tersebut, maka teh rempah natural dan memiliki aroma kuat siap untuk diproses.

Hasilnya adalah teh yang teksturnya sangat halus sehingga mirip sekali dengan kopi. Ketika dituang pada cangkir dan diberi susu foam pada bagian atas, jadilah Chai Latte.

Chaiholics di JW MarriottJW Marriott Chaiholics di JW Marriott
Menurut Rajiv Kumar, Tea Master, menyeduh teh sebaiknya menggunakan air panas dengan suhu 95 derajat Celsius selamai 3 hingga 5 menit agar mendapatkan teh yang sempurna.

“Sebetulnya meminum teh itu lebih baik tanpa ditambahi gula atau sirop, namun jika ingin tetap merasakan manis bisa dicampur dengan menggunakan madu,” kata Rajiv.

Ketika Kompas.com mendapatkan kesempatan untuk mencicipi salah satu jenis teh yang ditawarkan yakni “Green Tea”, rasa dari teh tersebut sangat alami dan tidak manis, cocok bagi para pecinta teh dengan cita rasa yang natural tanpa pemberian gula.

Dua belas jenis teh yang ditawarkan di gerai Chaiholics diantaranya Classic Masala, Aromatic Cardamom, Zesty Zinger, Refreshing Lemongrass, Chocolate Tea, Summer Rose, Oolong, Darjeeling, White Peony, Bulgarian Rose, Green Tea, dan Queen’s Tea.

teh di ChaiholicsJW Marriott teh di Chaiholics
Chaiholics mengimpor langsung teh yang ditanam di perkebunan bebas pestisida di Himalaya. Dari perkebunan tersebut, daun teh pilihan diracik menjadi signature premium tea, seperti Bulgarian Rose Tea.

Harga masing-masing teh bervariasi dimulai dari Rp 85.000 – Rp 135.000. Gerai Chaiholics pun buka dari jam 7 pagi hingga 11 malam, dengan suasana konsep outdoor.

Rajiv juga memaparkan bahwa untuk jenis teh yang paling disukai dan rekomendasi menurutnya yaitu Classic Masala, karena pada bagian rempah tersebut memiiki rasa sedikit pedas sehingga membuat tenggorokkan menjadi hangat, namun itu semua balik lagi kepada selera orang masing-masing. (Nishya Gavrila)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.