Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meletakkan Bunga Segar di Dalam Rumah Bisa Bantu Tubuh Lebih Sehat

Kompas.com - 09/08/2019, 08:31 WIB
Bestari Kumala Dewi

Editor

Sumber her.ie

KOMPAS.com - Entah kamu mendapatkannya dari seseorang atau membeli sendiri sebuket bunga segar, keindahan bunga segar yang diletakkan di dalam rumah selalu berhasil membawa suasana berbeda.

Bukan sekedar sebagai pengharum ruangan, bunga segar di dalam rumah seakan membawa energi positif, karena bisa membuat rumah terasa lebih hidup.

Menariknya lagi, bunga- bunga itu bukan hanya baik untuk membangkitkan suasana rumah, tapi juga baik untuk diri kita.

Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Complementary Therapies In Medicine melihat penelitian yang dilakukan pada orang-orang yang baru saja menjalani operasi, dan hasilnya sangat mengejutkan.

Dalam studi tersebut, 90 pasien dibagi menjadi dua, sebagian di kamar dengan tanaman, sebagian lagi di kamar tanpa tanaman.

Baca juga: Ini 4 Tanaman yang Bermanfaat bagi Kesehatan Hasil Kajian Kemenkes

Hasilnya, mereka yang memiliki bunga segar di kamarnya menunjukkan tekanan darah menurun, detak jantung yang lebih rendah, serta perasaan positif, dan tingkat kepuasan yang lebih tinggi daripda mereka yang tidak memiliki bunga segar di kamar mereka.

Jenis bunga yang diuji adalah mawar dan penelitian sampai pada kesimpulan, bahwa temuan ini menunjukkan stimulasi visual dengan bunga mawar menstimulasi relaksasi fisiologis dan psikologis.

Jadi, lain kali di saat kamu merasa stress dan merasa butuh berlah seikat bunga mawar segar untuk dipajang di dalam rumah.

Baca juga: 5 Tanaman Cantik yang Bisa Jadi Penjernih Udara Alami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber her.ie
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com