Kompas.com - 10/08/2019, 09:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com – Memiliki kulit yang lebih cerah masih menjadi impian banyak perempuan Indonesia. Menurut survei tahun 2017, kulit yang bersih dan cerah menjadi salah satu definisi cantik dari 41 persen responden.

Kriteria kulit yang cerah ideal memang sudah bergeser. Jika sebelumnya hanya ingin kulit yang putih, tapi sekarang ini kebanyakan wanita ingin kulitnya cerah tapi segar, tanpa noda, dan tidak pucat.

Ada banyak produk yang menjanjikan pencerahan kulit, mulai dari sabun muka hingga serum yang harganya tidak murah. Namun, hasil dan efeknya berbeda-beda pada setiap orang.

Menurut Head of Business Development ERHA, dr.Norita Sembada, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam merawat wajah sehingga menghambat tujuan mendapat kulit yang lebih cerah.

Pertama adalah memakai produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit, terutama pada kulit sensitive sehingga malah terjadi breakout atau beruntusan.

Kesalahan lainnya adalah gemar berganti-ganti produk perawatan sehingga wajah harus bekerja dua kali dalam beradaptasi dengan produk baru. 

“Setiap produk punya takaran waktu yang berbeda-beda dalam memberikan hasil untuk wajah,” kata Norita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Sinar Matahari Pagi, Siang, dan Sore: Mana yang Paling Sehat?

Untuk mencerahkan wajah, yang tidak boleh dilupakan adalah eksfoliasi atau pengelupasan yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

“Eksfoliasi ini penting, terutama bagi yang memiliki bekas jerawat, komedo, atau jenis kulit yang kusam. Dengan eksfoliasi, sel kulit mati akan digantikan sel kulit baru,” paparnya.

Kulit yang tampak gelap terjadi terbentuknya melanin yang merupakan pelindung dari sinar matahari. Kita bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dengan selalu memakai tabir surya.

Dalam memilih produk perawatan wajah, Norita menyarankan untuk memilih produk yang aman dan teruji secara klinis.

“Saat ini Erha meluncurkan rangkaian produk dan treatment untuk mencerahkan wajah, yaitu Erha TruWhite. Jadi selain produk yang dipakai, ada juga treatment yang akan ditangani langsung dokter kulit,” katanya.

Untuk melakukan treatment, pilihlah klinik yang memiliki dokter berkualitas. Prosedur pencerahan kulit wajah yang tidak dilakukan oleh dokter berkompeten bisa beresiko malah membuat kulit makin gelap dan risiko infeksi.

Baca juga: Agar Kulit “Glowing” Jangan Sampai Kekurangan Vitamin C

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.