Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2019, 09:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com – Memiliki kulit yang lebih cerah masih menjadi impian banyak perempuan Indonesia. Menurut survei tahun 2017, kulit yang bersih dan cerah menjadi salah satu definisi cantik dari 41 persen responden.

Kriteria kulit yang cerah ideal memang sudah bergeser. Jika sebelumnya hanya ingin kulit yang putih, tapi sekarang ini kebanyakan wanita ingin kulitnya cerah tapi segar, tanpa noda, dan tidak pucat.

Ada banyak produk yang menjanjikan pencerahan kulit, mulai dari sabun muka hingga serum yang harganya tidak murah. Namun, hasil dan efeknya berbeda-beda pada setiap orang.

Menurut Head of Business Development ERHA, dr.Norita Sembada, ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan dalam merawat wajah sehingga menghambat tujuan mendapat kulit yang lebih cerah.

Pertama adalah memakai produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit, terutama pada kulit sensitive sehingga malah terjadi breakout atau beruntusan.

Kesalahan lainnya adalah gemar berganti-ganti produk perawatan sehingga wajah harus bekerja dua kali dalam beradaptasi dengan produk baru. 

“Setiap produk punya takaran waktu yang berbeda-beda dalam memberikan hasil untuk wajah,” kata Norita.

Baca juga: Sinar Matahari Pagi, Siang, dan Sore: Mana yang Paling Sehat?

Untuk mencerahkan wajah, yang tidak boleh dilupakan adalah eksfoliasi atau pengelupasan yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

“Eksfoliasi ini penting, terutama bagi yang memiliki bekas jerawat, komedo, atau jenis kulit yang kusam. Dengan eksfoliasi, sel kulit mati akan digantikan sel kulit baru,” paparnya.

Kulit yang tampak gelap terjadi terbentuknya melanin yang merupakan pelindung dari sinar matahari. Kita bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari dengan selalu memakai tabir surya.

Dalam memilih produk perawatan wajah, Norita menyarankan untuk memilih produk yang aman dan teruji secara klinis.

“Saat ini Erha meluncurkan rangkaian produk dan treatment untuk mencerahkan wajah, yaitu Erha TruWhite. Jadi selain produk yang dipakai, ada juga treatment yang akan ditangani langsung dokter kulit,” katanya.

Untuk melakukan treatment, pilihlah klinik yang memiliki dokter berkualitas. Prosedur pencerahan kulit wajah yang tidak dilakukan oleh dokter berkompeten bisa beresiko malah membuat kulit makin gelap dan risiko infeksi.

Baca juga: Agar Kulit “Glowing” Jangan Sampai Kekurangan Vitamin C

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com