Kompas.com - 10/08/2019, 20:00 WIB

KOMPAS.com - Untuk memiliki hubungan seks yang memuaskan, dibutuhkan gairah yang terus terpelihara antara pasangan. Sayangnya, sering terjadi gairah memudar seiring makin lamanya hubungan.

Hasil survei terhadap 10.000 responden pria dan wanita mengungkap beberapa penyebab dari penurunan libido, satu di antaranya adalah soal lamanya hubungan. 

Responden adalah 4.839 pria, serta 6.669 wanita berusia antara 16 dan 74 tahun yang memiliki setidaknya satu pasangan seksual dalam setahun terakhir. Sekitar 15 persen pria dan 34 persen wanita mengaku gairahnya turun.

Setelah dianalisis, banyak faktor yang berkontribusi pada dorongan seks yang lebih rendah, termasuk usia, riwayat seks, dan kesehatan fisik dan mental.

Bagi wanita, penurunan gairah seks lebih tinggi pada mereka yang memiliki hubungan jangka panjang--setidaknya selama satu tahun. Hubungan yang sudah lama menyediakan keamanan, dukungan, dan persahabatan sederhana. Hal ini juga terkadang terasa membosankan.

"Banyak pasangan berjuang ketika kehidupan seks mereka menjadi terlalu rutin," kata David Klow, LMFT, dan pemilik Skylight Counseling Center di Chicago.

Untungnya, ada banyak cara yang dapat membantu meningkatkan libido. Misalnya saja bereksperimen dengan posisi dan lokasi baru, komunikasi soal seks dan terapi pasangan.

Melakukan liburan yang sudah lama diimpikan juga bisa membantu menguatkan kembali komunikasi dengan pasangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.