Kapan Waktu Terbaik Beristirahat dari Olahraga?

Kompas.com - 11/08/2019, 16:05 WIB
Ilustrasi Olahraga SHUTTERSTOCKIlustrasi Olahraga

KOMPAS.com - Ingatlah, bahwa hari beristirahat sama pentingnya dengan hari ketika kamu berolahraga. Meskipun hari-hari istirahat mungkin tampak seperti hari-hari untuk bermalas-malasan, itu tidaklah benar.

Faktanya, jika kamu memasukkan hari istirahat dengan benar dalam rutinitas latihan, kamu justru akan memiliki peluang lebih bik untuk membangun otot dan meningkatkan kecepatan,
serta menurunkan berat badan.

Jika dipikirkan lagi, tubuh akan lebih mampu melakukan berbagai latihan jika kamu cukup istirahat. Bagaimanapun juga, kamu harus menyediakan waktu untuk memulihkan tubuhmu. Hari beristirahat bukan hanya untuk tubuh, tapi juga untuk pikiran.

Pertimbangkan bagaimana tidur malam yang buruk dapat menyebabkan kinerja yang buruk di hari berikutnya. Ini berlaku seperti saat kamu tidak mengambil hari untuk beristirahat.

Baca juga: Berapa Waktu Istirahat Sebelum Kembali Lari Maraton?

Kamu akan merasakan bagaimana keterampilan kognitifmu bukanlah yang terbaik dan bagaimana tubuhmu akan sering berada dalam kondisi katabolik - proses menyediakan energi dan komponen yang dibutuhkan tubuh untuk membangun molekul.

Akibatnya, tingkat stres meningkat, sehingga akan sering mengalami perubahan mood dan kekurangan kekuatan otot.

Jadi, sebaiknya berapa hari harus beristirahat dari latihan?

Bagi mereka yang baru memulai rutinitas latihan baru, hari ketiga adalah hari terbaik untuk beristirahat.

Kamu akan berolahraga selama dua hari berturut-turut dan beristirahat di hari ketiga.

Sedangkan, bagi mereka yang telah berpengalaman berolahraga dapat mengambil hari istirahat setiap minggu.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X