Kompas.com - 11/08/2019, 21:17 WIB
Ilustrasi GOODHOUSEKEEPING.COMIlustrasi

KOMPAS.com - Kita tentu pernah mendengar nasihat, jangan pergi keluar rumah dengan rambut basah, karena akan membuatmu pilek.

Tapi sebenarnya itu tak ada hubungannya dengan flu.

Rupanya, pergi keluar dengan rambut basah di tengah cuaca dingin dapat menyebabkan kerusakan serius pada helai rambut.

Penata rambut Jason Collier, yang telah berpengalaman menata rambut para selebriti, seperti Eva Longoria dan Victoria Beckham mengatakan, bahwa udara dingin membuat rambutmu lebih rentan terhadap kerusakan.

"Cuaca dingin dapat memerburuk kerontokan rambut pada rambut basah dan menyebabkan helaian rambut terputus," jelas Collier.

Baca juga: Cara Merawat Rambut agar Jauh dari Kebotakan

"Air akan menembus batang rambut, dan dalam suhu yang lebih dingin akan membuat volume rambut mengembang, memaksa rambut untuk mengembang, mengangkat kutikula, dan membiarkan rambut terekspos kerusakan," lanjutnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Jason, hal tersebut akan memperkeras helai rambut, yang kemudian membuat rambut lebih mudah patah, tidak rata, dan bercabang di seluruh ujung bagian rambut - dan dalam skenario terburuk, berarti perlu memotong rambut lebih pendek.

Jason menambahkan, tidak ada alasan untuk pergi ke luar rumah dengan rambut basah pada musim hujan. Ia juga menyarankan untuk tidak mencuci rambut sama sekali jika memang tidak punya waktu untuk mengeringkannya.

"Kamu bisa mencuci rambut sebelum tidur atau bangun satu jam lebih awal, agar bisa mengeringkan rambut," kata Jason.

"Cuci rambut tidak lebih dari dua kali seminggu, ini akan mengurangi dampak pengering rambut pada rambutmu. Tapi, sebelum keluar dari pintu, pastikan rambut dikeringkan dengan benar untuk mencegah kerusakan tambahan," pungkasnya.

Baca juga: Mengatasi Kebotakan dengan Menumbuhkan Rambut, Mungkinkah?



Sumber her.ie
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.