Kompas.com - 12/08/2019, 07:43 WIB
Merangkai bunga menjadi salah satu aktivitas harian Marie Kondo. IstimewaMerangkai bunga menjadi salah satu aktivitas harian Marie Kondo.

KOMPAS.com - Nama Marie Kondo dalam beberapa waktu terakhir selalu menarik untuk diperbincangkan. Pakar beres-beres, bintang televisi dan penulis buku terlaris "The Life Changing Magic of Tidying Up" itu punya keyakinan bahwa setiap benda yang dimiliki harus memancarkan kebahagiaan.

"Rumah yang rapi hanya diisi barang-barang yang kita sayangi dan aku percaya orang-orang berkembang lebih kreatif dalam keadaan-keadaan ini," kata Marie.

Bagi seorang Marie Kondo, beberes adalah bagian dari proses kreatif. Menjaga kedua tangannya tetap sibuk membantu pikirannya menemukan keheningan.

Lalu, seperti apa keseharian perempuan yang gemar merapikan segala sesuatu dalam hidupnya ini?

1. Yoga dan meditasi

Marie meyakini, penting untuk memiliki pikiran yang bersih bersamaan dengan rumah yang bersih. Yoga dan meditasi menjadi "resepnya".

Baca juga: Marie Kondo Tampil Anggun saat Hadiri Oscar 2019

2. Menyalakan dupa

Perempuan kelahiran Tokyo, 9 Oktober 1984 ini senang memulai hari dengan membuka jendela dan menyalakan dupa. Nampan kristal, seperti batu-batuan, juga tersimpan di meja samping tempat tidurnya.

3. Menyiapkan makanan

Marie menyiapkan makan siang yang dibagi menggunakan kertas-kertas bento dan dimasukkan ke dalam kotak bento. Kotak tersebut kemudian dibungkus menggunakan kain Jepang yang dinamakan furoshiki.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X