Kompas.com - 12/08/2019, 08:39 WIB

KOMPAS.com - Sebuah hasil penelitian terbaru mengungkap, perempuan yang tetap berolahraga ketika sedang mengandung, tak hanya membantu dirinya sendiri, tapi juga bayi di dalam kandungannya.

Bayi yang baru lahir dari rahim ibu yang berolahraga ketika hamil, memiliki fungsi jantung yang lebih baik.

Selain itu, bayi tersebut juga mampu melewati tahapan pergerakannya lebih cepat dibandingkan bayi lain, dengan ibu yang tak berolahraga.

Penelitian ini dilakukan para ahli di East Carolina University, Amerika Serikat, seperti dikutip dari laman Good Morning America.

Baca juga: Sering Alami Kecemasan Kala Hamil dan Menyusui, Normalkah?

Disebutkan, para peneliti melakukan perbandingan antara bayi satu bulan yang dilahirkan dari 71 perempuan.

Sebelumnya, para perempuan hamil tersebut -secara acak, diminta untuk berolahraga dan tidak berolahraga sepanjang kehamilannya.

Kelompok perempuan yang berolahraga melakukan workout moderat selama 50 menit, dan juga aerobik di bawah pengawasan, sebanyak tiga kali seminggu. 

Dari sana, para peneliti menemukan, berolahraga selama periode kehamilan mampu membuat bayi lebih mudah beradaptasi terhadap gerakan.

Ada pula kemungkinan, bayi-bayi tersebut ketika besar akan lebih aktif dan  di sepanjang hidup mereka.

"Karena aktivitas fisik merupakan cara mengatasi faktor risiko obesitas, temuan ini menunjukkan bahwa olahraga selama kehamilan berpotensi mengurangi risiko obesitas."

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.