Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Benar Makan Daging Kambing Bisa Mengobati Darah Rendah?

Kompas.com - 12/08/2019, 11:30 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Daging kambing terkenal dengan efeknya yang (katanya) bisa bikin tekanan darah melambung tinggi. Tidak heran jika para pemilik tekanan darah tinggi sangat menghindari menu yang satu ini.

Sebaliknya, orang dengan tekanan darah rendah justru jadi berlomba-lomba makan daging kambing buat mendapatkan efek peningkatan tensi. Lantas, apa benar makan daging kambing bisa jadi obat darah rendah?

Makan daging kambing tidak dilarang untuk orang yang punya darah rendah. Namun, bukan berarti daging kambing bisa bantu mengobati masalah tersebut.

Selama ini, mitos daging kambing bikin tekanan darah naik dipercaya dari kandungan lemak jenuhnya. Lemak jenuh telah lama dikenal dapat meningkatkan kolesterol dan memicu penyakit jantung.

Namun kenyataannya, kandungan lemak jenuh daging kambing mentah jauh lebih rendah dibanding daging ayam dan sapi. Kadar lemak jenuh per 100 gram daging kambing mentah hanya sekitar 0,71 gram, sementara daging sapi pada umumnya berkisar sekitar 6 gram dan ayam mengandung hampir 2,5 gram lemak jenuh per porsinya.

Sementara itu, kadar kolesterol daging kambing per 100 gram-nya adalah sekitar 57 miligram (mg). Masih jauh lebih sedikit daripada daging sapi (sekitar 89 mg) dan kolesterol daging ayam (sekitar 83 mg) per takaran porsi yang sama.

Baca juga: Makan Daging Kambing Menyebabkan Tekanan Darah Naik?

Belum ada penelitian yang berhasil membuktikan adanya jaminan efek perubahan tekanan darah yang cukup signifikan setelah makan daging kambing.

Sebuah penelitian dari Asian-Australian Journal of Animal Sciences tahun 2014 justru mengatakan bahwa kenaikan tekanan darah setelah mengonsumsi daging kambing tetap tergolong lebih kecil daripada daging sapi atau ayam.

Cara masak dagingnyalah yang bikin tensi naik

Daging Kambing Panggang ala Turki.KOMPAS/LASTI KURNIA Daging Kambing Panggang ala Turki.
Sebetulnya, peningkatan tekanan darah setelah makan daging kambing cenderung disebabkan oleh cara pengolahan yang salah. Hal ini juga diamini oleh penelitian di atas.

Tim peneliti menemukan bahwa peningkatan tensi muncul cukup drastis justru diakibatkan oleh garam, minyak goreng, hingga mentega atau margarin yang kemudian terserap dalam daging selama proses memasaknya dan berubah jadi lemak jenuh. Bukan dari daging kambingnya itu sendiri.

Daging kambing justru mengandung sekitar 1 gram lemak tak jenuh per porsinya. Lemak tak jenuh adalah jenis lemak baik yang membantu menyeimbangkan kadar kolesterol darah.

Obat darah rendah yang baik harus dari dokter

Makan daging kambing mungkin bisa menaikkan tekanan darah, terutama jika cara masaknya salah. Namun tentu ini bukanlah cara menaikkan tensi yang baik dan sehat. Pasalnya, asupan kalori dan lemak tak jenuh yang berlebihan justru akan merusak jantung dan pembuluh darah.

Untuk mengatasi tekanan darah rendah, sebenarnya tergantung kembali berdasarkan apa penyebab yang melatarbelakanginya dan gejala yang muncul.

Namun umumnya, berbagai cara sehat di bawah ini bisa membantu kita menaikkan tensi dengan lebih aman:

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com