Kompas.com - 12/08/2019, 12:55 WIB
Ilustrasi olahraga saat hamil ShutterstockIlustrasi olahraga saat hamil

KOMPAS.com - Ketika sedang hamil, seorang ibu tentunya harus menjaga betul kandungannya. Tak hanya dari asupan makanan dan minuman, tapi juga aktivitas fisik.

Namun, seberapa harus berhati-hati?

Kehamilan umumnya terjadi selama sembilan bulan. Itu adalah waktu yang cukup lama jika harus berhenti dari aktivitas tertentu. Apalagi, jika kamu merupakan perempuan yang sibuk dan punya gaya hidup aktif.

Pencinta fitness juga seringkali ingin tahu cara olahraga teraman ketika hamil, termasuk ketika melakukan kardio. Amankah kardio untuk ibu hamil? Seperti lari, bersepeda, mendayung, dan aktivitas kardio lainnya.

Jawabannya adalah, ya.

Jika kehamilanmu normal dan dokter memperbolehkannya, maka latihan kardio saat hamil boleh dilakukan.

Baca juga: Belajar dari Meghan Markle, Pahami Manfaat Yoga Saat Hamil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pastikan selalu peka terhadap apa yang diri kita rasakan sebelum dan selama latihan. Jaga tubuh tetap terhidrasi dan istirahat secara berkala," kata professional fitness dan pendiri Mamawell, Roise Stockley.

Selain itu, Stockley juga menyarankan agar ibu hamil meminta saran pada dokter tentang apa saja yang perlu dihindari.

Latihan kardiovaskular sendiri mampu meningkatkan denyut jantung sehingga berkontribusi terhadap kesehatan tubuh secara umum, membuat tidur lebih nyenyak, mengurangi kemungkinan diabetes kehamilan, mengurangi sembelit, serta membantu mengatasi sakit punggung dan kaki.

Menurut National Health Service (NHS), olahraga tidak berbahaya bagi janin. Ada beberapa bukti bahwa perempuan aktif justru jauh dari masalah kehamilan dan persalinan.

Halaman:


Sumber Mirror
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.