7 Cara Menilai Kesehatan Sendiri Selain Berat Badan

Kompas.com - 12/08/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi naik tangga DziggyfotoIlustrasi naik tangga

KOMPAS.com – Kita sangat senang menghitung segalanya, mulai dari asupan kalori sampai langkah kaki per hari. Tetapi, ada satu pengukuran yang paling sering dipakai, dibahas, dan dikritisi terkait dengan kesehatan, yakni berat badan.

Itu sebabnya banyak orang menilai berat badan sangat penting bagi status kesehatan. Walau memang termasuk dalam faktor, tetapi ada beberapa pengukuran lain yang tak kalah penting. Para ahli menyarankan agar kita secara rutin melakukan pemeriksaan pengukuran berikut ini:

1. Lingkar pinggang
Para dokter dan ahli nutrisi saat ini menggunakan pengukuran lingkar pinggang untuk menilai kesehatan seseorang secara umum.

Menurut ahli gizi Malina Linkas Malkani, ukuran lingkar pinggang lebih bisa memberi tahu potensi penyakit dibanding berat badan.

Lingkar pinggang merupakan indikator untuk lemak visceral, yaitu lemak yang menyelimuti organ dalam. Makin banyak jumlah lemaknya, makin lebar ukuran pinggang.

2. Tekanan darah
Tekanan darah adalah angka yang harus kita perhatikan untuk menjaga kesehatan.

“Saat hipertensi tidak terkontrol, komplikasi yang paling berbahaya adalah aterosklerosis atau penyempitan pembuluh darah,” kata dokter Nesochi Okeke-Igbokwe.

Hipertensi bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Orang yang berusia 20 tahun ke atas yang tensinya normal disarankan mengukur tekanan darahnya setiap tahun atau dua tahun.

Baca juga: Mitos atau Fakta: Benarkah Daging Kambing Bikin Hipertensi?

3. Kadar kolesterol
Banyak orang merasa tahu tentang kolesterol tapi tak pernah melakukan pemeriksaan darah di lab untuk mengukurnya.

Secara umum, saat seseorang berusia 20 tahun, ia harus melakukan pemeriksaan kadar kolesterol tiap lima tahun. Jika memiliki faktor risiko yang lain (hipertensi atau gemuk), maka periksakan lebih sering.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X