Perhatikan, 5 Hal Terkait Olahraga bagi Ibu Hamil

Kompas.com - 12/08/2019, 17:13 WIB
. SHUTTERSTOCK.

KOMPAS.com - Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, sebuah penelitian terbaru di East Carolina University, Amerika Serikat mengungkap, perempuan yang tetap berolahraga di saat hamil tak hanya membantu dirinya sendiri, tapi juga bayi di dalam kandungannya.

Disebutkan, bayi yang baru lahir dari rahim ibu yang berolahraga ketika hamil, memiliki fungsi jantung yang lebih baik.

Selain itu, bayi tersebut juga mampu melewati tahapan pergerakannya lebih cepat dibandingkan bayi lain, dengan ibu yang tak berolahraga.

Baca juga: Olahraga di Masa Kehamilan Tak Cuma Bermanfaat bagi Ibu

Nah,berikut ini adalah lima pertanyaan yang kerap muncul terkait dengan aktivitas olahraga bagi ibu hamil.

1. Seberapa sering olahraga harus dilakukan?

The American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan agar ibu hamil berolahraga dalam mode aerobik moderat setidaknya 150 menit dalam seminggu. 

2. Olahraga macam apa yang baik bagi ibu hamil?

ACOG merekomendasikan agar mereka yang hamil tetap aktif bergerak, dengan cara berjalan, berenang, atau pun olaharaga air lainnya.

Bisa juga melakukan sepeda statis, dan memodifikasi gerakan yoga serta pilates.

Baca juga: Pilates Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Sementara, bagi perempuan yang sebelumnya sudah terbiasa lari, mereka masih dapat melakukan aktivitas sejenis, namun harus memastikannya kepada dokter terlebih dahulu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X