Mengenal Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan

Kompas.com - 12/08/2019, 20:05 WIB
daging merahshutterstock daging merah

KOMPAS.com - Daging kambing adalah tipe daging merah yang dihasilkan dari kambing muda. Banyak orang beranggapan, daging kambing tinggi kolesterol.

Padahal, daging kambing tidak selalu jahat. Tidak hanya kaya protein berkualitas, daging kambing juga kaya vitamin dan mineral, termasuk zat besi, seng, dan Vitamin B12.

Oleh karena itu, kambing bisa menjadi komponen pola makan sehat ketika dikonsumsi secara moderat. Beberapa manfaat konsumsi daging kambing, di antaranya:

1. Menjaga otot

Daging adalah salah satu sumber protein yang baik. Sebab, di dalamnya terkandung sembilan asam amino yang dibutuhkan tubuh dan disebut sebagai protein komplet.

Protein berkualitas tinggi sangat penting untuk menjaga massa otot, terutama bagi orang dewasa.

Asupan protein yang tidak memadai dapat mempercepat dan memperburuk pengecilan otot karena usia. Ini meningkatkan risiko sarkopenia, suatu kondisi buruk terkait dengan massa otot yang sangat rendah.

Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan olahraga yang cukup, konsumsi daging kambing secara rutin atau sumber protein tinggi lainnya, bisa membantu memelihara massa otot.

Baca juga: Populer sebagai Daging Kurban, Mana yang Lebih Baik Sapi atau Kambing?

2. Meningkatkan performa fisik

Daging kambing juga penting untuk memaksimalkan fungsi otot, karena mengandung asam amino beta-alanin yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi karnosin. Karnosin sendiri merupakan substansi penting untuk fungsi otot.

Beta-alanin ditamukan dalam daging-daging dengan protein tinggi, seperti daging kambing dan sapi.

Karnosin level tinggi dalam otot manusia sering dikaitkan dengan penurunan tingkat kelelahan dan peningkatan performa olahraga.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X