Perlukah Remaja Bawa Produk Skincare ke Sekolah?

Kompas.com - 13/08/2019, 18:55 WIB
Ilustrasi produk skincareThinkstock Ilustrasi produk skincare

JAKARTA, KOMPAS.com - Viral di media sosial tentang razia produk perawatan kulit di satu Sekolah Menengah Atas (SMA). Terlihat dari foto yang beredar, beberapa produk yang ikut dirazia di antaranya tabir surya, lotion, sabun cuci muka, dan beberapa produk riasan wajah.

Tak sedikit yang bereaksi keras tentang razia tersebut, karena menganggap beberapa produk perawatan kulit mendasar tetap diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit.

Lalu, sebenarnya apakah anak usia remaja perlu membawa produk perawatan kulit ketika keluar rumah?

Baca juga: Mengenal Kandungan dan Fungsi 5 Acid dalam Produk Skincare

Dokter estetika dari Beauty Plus Clinic, Citra Sudarmono menjelaskan, anak usia remaja biasanya belum mengalami masalah kulit yang berat. Sehingga produk yang digunakan juga biasanya belum terlalu kompleks.

Beberapa produk bisa digunakan sebelum pergi ke sekolah, misalnya tabir surya, pelembab, serta produk perawatan lainnya (krim wajah, toner, serum, dan lainnya).

"Saya rasa pakai di rumah sudah cukup. Saya juga ada beberapa pasien acne pun tidak membawa produk ke sekolah," kata Citra ketika ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (13/8/2019).

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang umum dialami remaja. Beberapa anak memang sampai harus pergi ke klinik dan mendapatkan obat khusus dari dokter untuk mengatasi masalah jerawatnya.

Namun, sekalipun kulitnya cukup bermasalah, menurut Citra, pengaplikasian produk di sekolah dinilai kurang steril.

Apalagi di banyak sekolah, kualitas air juga seringkali kurang baik.

"Apalagi saat apply, kan tangannya penuh debu dan kotoran jadi tidak disarankan. Apalagi kalau di sekolah airnya biasnya seperti bau besi, itu juga enggak bagus untuk muka," tuturnya.

Namun, beberapa produk menurutnya masih bisa dibawa jika memang benar-benar dibutuhkan. Misalnya, pelembab bibir bagi anak yang memiliki kondisi bibir kering berlebih.

Sebab, pengaplikasian pelembab bibir dibutuhkan untuk menjaga kelembapan kulit.

"Cuaca tropis begini memang membuat bibir kering. Jadi menurut saya, yang seperti lipbalm enggak apa-apa," kata Citra.


Baca juga: Penggunaan Skincare Berlebihan Justru Merusak Kulit

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X