7 Penyebab Penis Gatal dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 13/08/2019, 21:08 WIB
Ilustrasi gatal shutterstockIlustrasi gatal
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Gatal di kemaluan tidak hanya terjadi pada perempuan, tetapi juga pada pria. Khusus untuk pria, rasa gatal tidak hanya dapat timbul di daerah kemaluan saja, tetapi juga bisa dirasakan pada penis.

Kondisi penis yang gatal tentunya sangat mengganggu. Selain tidak nyaman, rasanya tidak pantas juga jika kamu menggaruknya di tempat umum.

Penyebab Gatal di Kemaluan Pria

Gatal pada penis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri seperti yang terjadi pada penyakit-penyakit menular seksual. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh beberapa penyakit lain. Berikut tujuh penyebab yang sering menyebabkan penis gatal:

1. Herpes Genital

Herpes genital termasuk penyakit menular seksual yang disebabkan oleh virus Herpes Simplex. Selain gatal di daerah kemaluan, herpes juga dapat menyebabkan rasa gatal pada penis. Virus herpes seringkali dorman di dalam tubuh dan gejala seringkali muncul saat daya tahan tubuh sedang lemah.

2. Lichen Nitidus

Lichen nitidus adalah radang sel kulit yang bisa terjadi pada bagian kulit mana saja, termasuk penis. Salah satu gejala penyakit ini adalah munculnya benjolan-benjolan kecil yang bisa menyebabkan gatal.

3. Kandidiasis

Kandidiasis adalah infeksi jamur yang paling sering timbul pada kemaluan perempuan. Namun, pria juga tidak luput dari infeksi jamur ini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X