Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Rambut Sehat, Perlukah Potong Rambut Tiap Bulan?

Kompas.com - 14/08/2019, 10:06 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber POP SUGAR

KOMPAS.com - Karena tidak ada aturan baku, biasanya kita hanya memotong rambut hanya berdasarkan insting saja. Misalnya, ketika rambut sudah terlihat panjang atau tidak nyaman lagi.

Sebenarnya, seberapa sering kita perlu mencukur rambut?

Untuk menjawab pertanyaan ini sebetulnya bergantung pada kondisi ujung rambut, perlakuan pada rambut, hingga target kita pada rambut. Sebab jawabannya bisa berbeda-beda bagi setiap orang.

Penata rambut dari SCK Salon di New York, Devin Toth menjelaskan, rambut idealnya dipangkas setiap tiga bulan sekali untuk membuang ujung-ujung rambut yang rusak.

Ia merekomendasikan kita agar membuat janji dengan salon sejak jauh hari dan menandai janji tersebut di kalender.

"Penting untuk memiliki jadwal perawatan rambut, termasuk membuat janji dengan salon. Dengan begitu, rambut kita tidak akan pernah terabaikan," katanya.

Baca juga: 3 Tren Gaya Rambut 2019, Seperti Apa?

Jika kamu ingin menjaga gaya rambut saat ini, mintalah saran pada hair stylist langgangan tentang seberapa sering kamu harus membuat janji. Setiap model potongan bisa berbeda-beda.

"Model pixie pendek idealnya dipangkas setiap empat minggu, sementara bob pendek atau panjang bisa dipangkas setiap enam hingga delapan minggu," ujar Toth.

Untuk setiap model potongan rambut, idealnya dipangkas tak lebih dari dua bulan. Sebab, rambut rata-rata tumbuh setengah inci atau sekitar 1,2 cm setiap bulannya

"Jadi. Jika kamu ingin menjaga panjangnya seperti saat ini, kamu cukup meminta orang di salon untuk memangkas hanya sekitar 2,5 cm," tambah dia.

Sementara jika kamu ingin rambut yang lebih panjang, Toth merekomendasikan untuk memangkas rambut hanya dua kali dalam satu tahun.

"Jangan mewarnai rambut dan lakukan deep conditioning sekali seminggu," katanya.


Baca juga: Gaya Rambut yang Selalu Sama, Ratu Elizabeth II Pakai Wig?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber POP SUGAR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com