Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Satu Derajat Lebih, Melihat Sepatu Pendatang Baru dari China

Kompas.com - 14/08/2019, 13:45 WIB
Wisnubrata

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin tidak banyak orang yang mengenal brand 361°. Saat brand ini menjadi penyedia seragam resmi untuk staf dan relawan pada Pesta Olahraga Asia atau Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang pun, orang masih bertanya-tanya, apa gerangan arti angka-angka itu.

Hal itu tak mengherankan karena brand asal kota Jinjiang, Provinsi Fujian, China ini memang termasuk pemain baru di lapangan. Dibandingkan Asics, adidas, atau Nike yang sudah kita kenal puluhan tahun, 361° baru muncul tahun 2003.

361 Degrees dimulai sebagai bisnis pembuatan alat olahraga milik keluarga dan dengan cepat berkembang menjadi salah satu merek olahraga terkemuka Tiongkok, dengan ribuan toko di seluruh negara tersebut.

Namun negara dengan penduduk terbanyak di dunia itu rupanya masih belum menjadi pasar yang cukup besar. Dengan agresif 361° merambah negara lain, persis seperti barang-barang Made in China yang bisa kita temukan di mana saja.

Brand ini menjadi sponsor di berbagai perhelatan olahraga. Pada tahun 2014, misalnya, 361° mensponsori Pesta Olahraga Asia yang diadakan di Incheon, Korea Selatan. Merek ini juga menjadi penyedia seragam resmi di Olimpiade Musim Panas 2016 dan Paralimpiade Musim Panas 2016 di Rio de Janeiro.

Hingga pada 2018, spanduk-spanduk bertuliskan 361° dengan mudah kita temukan di sekitar Senayan, Jakarta, saat Asian Games berlangsung.

Lalu apa istimewanya produk dari merek ini?

Yang pertama tentu soal harganya yang terjangkau. Dibanding merek lain, sepatu olahraga 361° memang bisa dibeli dengan harga lebih rendah, bahkan separuh merek-merek terkenal.

Tentu itu salah satu keunggulan barang-barang China sehingga bisa menguasai pasaran. Tengoklah ponsel-ponsel seperti Huawei, Xiaomi, atau Oppo yang menjadi pilihan karena harganya murah dengan fitur yang tak kalah. Juga mobil merek Wu Ling yang kini banyak bersliweran di jalanan.

Namun harga terjangkau saja tanpa kualitas yang memadai tentu tidak akan laku. Nah untuk membuktikan kualitas produk 361°, Kompas.com sempat mencoba salah satu sepatu lari terbarunya, yakni Windmax II.

361 degree Windmax IIKompas.com/Wisnubrata 361 degree Windmax II
Windmax II adalah sepatu lari performa, yang artinya ia digunakan untuk mengejar kecepatan. Tak heran sepatu ini termasuk ramping dan ringan, dengan bantalan yang mampu memberikan tolakan tenaga saat berlari.

Breathability atau kemampuan bernafas sepatu Windmax adalah salah satu yang paling menonjol. Seperti kebanyakan sepatu 361° lain, bagian atas sepatu ini terbuat dari bahan mesh yang memiliki banyak lobang.

Baik di sisi atas maupun samping, lobang-lobang itu mendominasi, sampai-sampai warna kaus kakimu akan terlihat bila kamu mengamatinya dengan seksama.

Fitur ini memang disengaja untuk membuat kaki tidak kepanasan saat berlari. Udara akan masuk melalui pori-pori itu, sedangkan keringat di kaki akan cepat menguap karenanya.

Tentunya ini membuat kaki cukup nyaman, apalagi bila kita berlari di daerah tropis seperti Indonesia. Keuntungan lainnya, sepatu jadi tidak gampang bau karena bagian dalamnya tidak lembab.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com