Kompas.com - 15/08/2019, 14:29 WIB
Ilustrasi bermain gembira shutterstockIlustrasi bermain gembira
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mempertahankan kesehatan mental merupakan salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang sering terlewat.

Padahal, selain berolahraga secara teratur dan menjaga asupan makanan, menjalani langkah-langkah untuk menghindari depresi, juga bisa mengurangi risiko munculnya penyakit jantung.

Belum banyak yang tahu, kesehatan mental dan kesehatan jantung sebenarnya adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Menderita penyakit jantung, bisa membuat kondisi mental seseorang terganggu.

Begitu juga sebaliknya. Jika kondisi kesehatan mental kurang baik, maka risiko seseorang terkena penyakit jantung pun akan meningkat.

Baca juga: Perhatikan, 5 Gejala Fisik Tanda-tanda Depresi

Gangguan mental yang kerap dikaitkan dengan penyakit jantung adalah depresi dan gangguan kecemasan. Seperti apa kaitannya?

Gangguan mental termasuk depresi, membuat penderitanya mengadopsi perilaku-perilaku yang bisa membahayakan kesehatan, seperti:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  • Mengonsumsi makanan yang tidak sehat
  • Merokok
  • Mengonsumsi alkohol berlebihan
  • Tidak pernah berolahraga

Sebagian besar penderita depresi pernah atau memiliki kebiasaan merokok. Berbeda dari kelompok populasi yang tidak menderita depresi. Angka kebiasaan merokok mereka yang tidak mengalami depresi, hanya terhitung sebagian kecil dari populasi.

Baca juga: Demi Kesehatan, Begini 4 Cara Hentikan Kebiasan Merokok

Ada tiga langkah yang bisa kita lakukan sebagai cara menjaga kesehatan jantung melalui perbaikan kondisi psikologis, yaitu:

• Jaga pikiran agar tetap positif

Ilustrasi berpikir positifshutterstock Ilustrasi berpikir positif
Emosi positif, seperti kebahagiaan dan kesenangan, ternyata baik untuk kesehatan jantung. Sehingga menjaga pikiran agar tetap positif adalah salah satu cara menjaga kesehatan jantung yang efektif.

Halaman:


Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.