Kompas.com - 15/08/2019, 15:18 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Jika kamu pernah merasakan sakit kepala ketika sedang berolahraga, kamu tidak sendiri. Kondisi ini ternyata relatif umum dialami.

Menurut pakar kesehatan olahraga dari NYU Langone Health, Elizabeth Barchi, MD, olahraga memang bisa mencegah terjadinya sakit kepala dan migrain. Namun, olahraga juga bisa menjadi penyebabnya.

Neurolog dan spesialis sakit kepala Sara Crystal, MD menjelaskan, sakit kepala yang dirasakan biasanya hanya karena dehidrasi atau kelelahan. Tapi bisa juga sakit yang lebih hebat seperti migrain.

Migrain seringkali hanya terjadi pada sebagian kepala dan cenderung bertahan lebih lama daripada sakit kepala lainnya. Migrain juga biasanya diikuti dengan gejala lain seperti sensitif terhadap cahaya dan suara, mual, dan atau muntah.

Sakit kepala bisa terjadi karena aktivitas yang intens dan peningkatan tekanan darah. Direktur Pusat Sakit Kepala Northwell, Noah Rosen, MD, menjelaskan, sakit kepala ini masuk kategori sakit kepala primer karena gejala-gejalanya biasanya hilang ketika aktivitas olahraga dihentikan.

Sementara sakit kepala sekunder akan terasa lebih buruk pada kondisi-kondisi tertentu. Contohnya adalah malformasi Chiari 1, sebuah kondisi dimana jaringan otak masuk ke tulang belakang. Kondisi langka ini terjadi sejak kelahiran.

Contoh lainnya, menurut Jordan D. Metzl, MD yang menulis tentang sakit kepala sekunder untuk triathlete.com, adalah infeksi sinus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 5 Sebab Sakit Kepala yang Tak Terduga, dari Dehidrasi sampai Menstruasi

Sakit kepala primer karena olahraga

Sakit kepala ketika berolahraga bisa berbeda-beda, bergantung pada jenis olahraganya.

- Sakit kepala angkat beban

Halaman:


Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.