Kompas.com - 15/08/2019, 15:49 WIB
Ilustrasi minum air shutterstockIlustrasi minum air
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tentu kamu sudah mengetahui bahwa air putih sangat baik untuk kesehatan. Namun, manfaat air putih untuk tubuh ternyata tidak hanya berkaitan dengan kesehatan ginjal. Ragam manfaat lain dari air putih, dalam melumasi sendi hingga menjaga kesehatan otak pun bisa kita dapatkan.

Dalam sehari, ada batas-batas tertentu konsumsi air putih yang perlu diikuti. Jika kamu terlalu sedikit atau terlalu banyak minum air putih, manfaat tersebut justru berkurang, dan malah membawa dampak negatif untuk kesehatan.

Manfaat air putih sangatlah beragam, sehingga sayang jika dilewatkan. Bagi yang masih seringkali kurang mengonsumsi air putih, mulailah ubah kebiasaan dan dapatkan beragam keuntungan berikut ini dari air putih.

1. Baik untuk kesehatan kulit

Kulit mengandung banyak air dan berfungsi sebagai tameng untuk mencegah tubuh kehilangan terlalu banyak cairan. Saat kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi, maka kulit akan terlihat kering dan keriput. Karena itu, cukupilah kebutuhan cairan.

2. Membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh

Sebanyak 60% tubuh manusia terdiri dari cairan. Cairan tubuh ini berperan dalam berbagai proses di tubuh seperti pencernaan, penyerapan nutrisi, sirkulasi, hingga menjaga suhu tubuh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

3. Membantu melumasi sendi

Sebagian besar tulang rawan di tubuh terbuat dari air. Tulang ini berfungsi untuk menjadi bantalan pada persendian. Jika tubuh kekurangan cairan, maka tulang rawan dapat kehilangan kemampuannya dan membuat sendi-sendi di tubuh terasa nyeri.

4. Menyehatkan rongga mulut

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.