Kompas.com - 15/08/2019, 16:38 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Semua orang sepertinya pernah mengalami sariawan, baik itu di pipi bagian dalam, bibir, atau lidah. Berada di mana pun, sariawan tetaplah menimbulkan rasa tidak nyaman hingga bikin males makan dan berbicara. Jika sudah begini, kita pasti bingung mencari obatnya.

Sariawan ternyata tidak harus selalu disembuhkan dengan obat lho. Banyak juga cara alami yang bisa dilakukan untuk mengobati sariawan. Dengan cara ini, sariawan tidak akan betah lama dan langsung hilang.

Nah, penasaran apa saja cara alami yang untuk mengobati sariawan? 

1. Kompres dengan teh chamomile
Chamomile ternyata punya fungsi juga sebagai obat herbal untuk meredakan sariawan.
Bahan yang terkandung dalam chamomile bernama lovemenol ternyata bisa mengatasi peradangan seperti sariawan. Bahan ini juga ternyata mampu membersihkan racun dan kotoran di mulut.

Caranya sangat mudah lho. Bungkus teh chamomile kering dengan handuk lembut. Rendam handuk tersebut dengan air dingin selama 5 menit, lalu angkat.
Kompreskan handuk tersebut di bagian yang mengalami sariawan. Lakukan treatment ini sebanyak tiga kali sehari untuk meredakan sariawan lebih cepat.

2. Beri tetesan minyak zaitun atau minyak kelapa
Minyak zaitun bisa menyembuhkan peradangan dan menghilangkan kuman dan penyakit di mulut.

Ada pun minyak kelapa bisa meredakan peradangan dengan melunakkan sariawan dan mencegah bakteri bersarang di mulut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk penyembuhan dengan minyak zaitun, campur beberapa tetes minyak zaitun dengan air mineral lalu diaduk hingga tercampur rata. Semprotkan pada area yang terkena sariawan.
Jika tertarik menggunakan minyak kelapa, bisa langsung meneteskan minyak kelapa murni pada kapas dan menepuk-nepuknya ke area sariawan.

Baca juga: Waspadai Sariawan yang Lama Sembuh, Bisa Jadi Tanda Kanker Mulut

3. Olesi dengan madu murni
Kalau cara yang satu ini pasti disukai banyak orang, yakni dengan menggunakan madu murni. Madu murni manjur untuk menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk sariawan.

Madu punya kandungan antioksidan yang akan menangkal radikal bebas. Selain itu, madu juga mengandung bahan alami yang bisa membunuh bakteri dan kuman yang menyebabkan sariawan.

Caranya mudah saja, oleskan madu langsung ke area sariawan. Lakukan 2-3 kali sehari untuk hasil optimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X