Trending #GagalBayarHutang, Ini 6 Tips Bebas Jeratan Utang

Kompas.com - 15/08/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Dunia Twitter sedang diramaikan dengan tagar #GagalBayarHutang. Hingga tanggal Kamis (15/8/2019) pukul 14.00 WIB, lebih dari 6.000 netizen mengunggah keluh kesahnya dengan tagar #GagalBayarHutang.

Sebagian besar dari mereka berharap agar bisa hidup tanpa beban utang yang benar-benar menyusahkan.

"Semoga kita terhindar dari #GagalBayarHutang," tulis seorang netizen.

Masalah utang-pituang ini memang membuat hidup tak tenang. Lantas, bagaimana caranya agar kitab benar-benar terhindar dari masalah "gagal bayar utang" seperti yang dikeluhkan para netizen?

Melansir laman Everrydollar.com, berikut enam cara mudah agar kita segera mampu melunasi utang:

Baca juga: Kesal Ditagih utang, Supriyadi Siram Wajah Tetangga dengan Air Keras

1. Mulailah melihat utang secara berbeda

Kita mungkin berpikir melunasi utang adalah permainan angka. Ini hal yang wajar karena utang memang tetang uang, dan uang adalah tentang angka.

Tapi yang benar-benar kita hadapi di sini adalah permainan pikiran. Karena itu, sebetulnya, permainan pikiran ini bisa sepenuhnya kita yakini dan dapat dimenangkan.

Tetapi pertama-tama, kita harus memikirkan kembali situasi utang yang kita miliki.

Bagi kebanyakan orang, utang terasa tak terhindarkan. Terkadang, kondisi darurat memang membuat kita terjebak pada utang.

Bahkan untuk memenuhi tuntutan hidup, seperti kebutuhan akan mobil untuk menunjang kegiatan sehari-hari, kita terpaksa membelinya dengan cara kredit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X