Benarkah Cokelat Hitam Bisa Menurunkan Risiko Depresi?

Kompas.com - 15/08/2019, 19:29 WIB
Cokelat hitam lebih menyehatkan ShutterstockCokelat hitam lebih menyehatkan

KOMPAS.com - Sebagai salah satu makanan atau pencuci mulut paling populer di kelasnya, cokelat dikenal luas karena citarasa dan teksturnya yang lembut.

Reputasinya yang baik, membuat banyak peneliti mencari tahu berbagai manfaat kesehatan yang terkandung dalam cokelat.

Meski demikian, para ahli telah lama memperingatkan bahwa cokelat adalah sesuatu yang harus dinikmati secukupnya, mengingat kadar gula dan lemaknya tinggi.

Tapi, para peneliti masih yakin ada banyak rahasia yabg belum tersingkap dari cokelat. Sehingga, penelitian terus berlanjut.

Baca juga: Yang Terjadi pada Tubuh saat Makan Cokelat

Cokelat hitam dan depresi

Baru-baru ini penelitian dari Univeristy College London di Inggris mempelajari kaitan antara cokelat hitam dan depresi.

Per penelitian berbasis survei, orang yang mengonsumsi cokelat hitam tampaknya memiliki peluang lebih kecil untuk menderita depresi.

Dengan mengambil data dari survei Pemeriksaan Kesehatan dan nuttisi Nasional Amerika Serikat, tim peneliti bisa mendapatkan 3.626 peserta berusia 20 tahun atau lebih.

Mengambil data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Nutrisi Nasional Amerika Serikat, tim peneliti bisa mendapatkan 3.626 peserta berusia 20 tahun atau lebih.

Dengan menggunakan Kuesioner Kesehatan Pasien, tim peneliti kemudian pergi dan menilai gejala-gejala depresi. Mereka juga mempelajari cokelat hitam dan cokelat biasa secara terpisah.

Baca juga: Cokelat Hitam, Si Gelap yang Kaya Manfaat

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X